Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Guru Bangsa Tjokroaminoto" Diusulkan Jadi Film Wajib untuk Pelajar

Kompas.com - 10/04/2015, 14:57 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Kisah kepahlawanan Tjokroaminoto dalam film "Guru Bangsa Tjokroaminoto" dinilai patut diteladani oleh generasi muda. Oleh karena itu, Paguyuban Seniman Surabaya mengusulkan film tersebut menjadi film yang wajib ditonton pelajar Surabaya.

"Banyak nilai-nilai yang layak diteladani dari film, di antaranya nilai nasionalisme, kepekaan sosial, dan semangat pendidikan yang harus dicontoh pelajar kota Pahlawan," ujar Ketua Paguyuban Seniman Surabaya, Djoddy Widyawan, Jumat (10/4/2015).

Oleh karena itu, dia akan mengusulkan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini agar film karya sutradara Garin Nugroho itu bisa menjadi tontonan wajib bagi seluruh pelajar Surabaya.

"Entah bagaimana teknisnya, yang jelas wajib ditonton pelajar. Ini juga agar film Indonesia bisa berjaya di negeri sendiri," jelasnya.

Pihaknya sadar, film Tjokroaminoto harus berjuang merebut penonton di tengah demam fil Fast And Furious 7 yang dirilis pekan lalu.

"Saya harap penonton bisa cerdas, karena film Furious 7 adalah cerita fiksi, tapi kalau Tjokroaminoto adalah kisah cerita kepahlawanan," ujarnya.

"Guru Bangsa Tjokroaminoto" menceritakan perjalanan hidup Tjokroaminoto asal Surabaya yang diperankan Reza Rahardian saat menjadi tokoh guru di masa kemerdekaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com