Vidi Aldiano Tidak Suka dengan Pilihan Ganda

Kompas.com - 01/05/2015, 00:14 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sejak kecil vokalis Vidi Aldiano mengaku tidak suka dengan ujian sekolah yang menerapkan jawaban pilihan ganda. Kata Vidi, metode tersebut membuat anak tidak bisa berpikir kritis.

"Dari kecil gue enggak suka sistem pilihan ganda," kata Vidi dalam wawancara usai peluncuran album perdana adiknya, Vadi Akbar, di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Kamis (30/4/2015).

Menurut Vidi, selain tidak bisa kritis, soal pilihan ganda membuat seorang anak tidak dapat menemukan jawaban yang solutif. "Kalau mau kreatif jangan dibatasi dengan A-B-C-D aja," katanya.

Untuk itu, Vidi berharap agar metode itu bisa diubah seiring adanya perubahan zaman di ranah pendidikan.

"Biarkan anak berpikir sesuai pola pikirnnya. Bagaimana menyelesaikan permasalahan," ucap Vidi.

Agar anak-anak Indonesia bisa berpikir maju dan kritis, pelantun "Nuansa Bening" itu mengatakan, sekolah di Indonesia memerlukan pendidikan critical thinking.

"Di (negara) Barat sudah diterapkan dari kecil. Di sana kalau guru salah dikritik, itu dibutuhkan. (murid) Jangan takut ngomong dulu, jangan takut salah," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.