Seno Gumira Ajidarma Memperingatkan Sineas

Kompas.com - 16/06/2015, 05:36 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sastrawan yang juga salah satu penulis skenario film "Pendekar Tongkat Emas", Seno Gumira Ajidarma memperingatkan para sineas agar mempelajari dasar-dasar pembuatan film untuk meningkatkan kualitas layar lebar di Indonesia.

"Sineas manapun itu harus mempelajari dasar-dasar film secara tuntas. Setelah dikuasai, mereka mau bikin seperti apapun yang mereka mau terserah," ujar Seno kepada Kompas.com saat dijumpai di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).

Seno menekankan bahwa pengetahuan dasar penting demi membuat sebuah film yang komunikatif.

"Kadang-kadang kelemahan dasar ini, membuat filmnya jadi tidak komunikatif, begitu," ucapnya.

Kini Seno disibukan dengan aktivitas menulis di salah satu kolom surat kabar regional. Ia menulis sebuah cerita bersambung di kolom koran tersebut. "Tentang silat, orang Indonesia pergi ke Tiongkok pada abad kesembilan," kata Seno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.