Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abimana Aryasatya: Jangan Paksa Anak, Mereka Pasti Meniru

Kompas.com - 21/06/2015, 12:25 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Abimana Aryasatya (32) atau Abi mengatakan tidak pernah memaksa anak-anaknya untuk berpuasa dalam bulan Ramadhan. Menurut bintang film 99 Cahaya di Langit Eropa ini, seorang anak akan meniru berpuasa setelah melihat orangtuanya melakukan hal itu.

"Enggak usah dipaksakan. Mereka pasti niru. Kan kita (orangtua) kacanya (cermin bagi anak)," ujar Abi dalam wawancara di Istanbul Turkey Restaurant & Cafe, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (20/6/2015).

Abi mencontohkan, ketika ia dan istrinya sedang menjalankan ibadah puasa, anak-anaknya, yakni Belva Ugraha, Satine Zaneta, Bima Bijak, dan Arsanadi Sarka, bertanya mengenai apa yang sedang dilakukannya.

"Mereka pasti bertanya, 'Ayah ngapain sih? Ibu ngapain sih? Oh, enggak boleh makan ya? Saya boleh ikutan enggak?' Boleh," ceritanya.

Menurut Abi, memberi contoh nyata kepada anak merupakan cara yang tepat untuk mengajarkan anak bahwa hal itu merupakan bentuk ibadah kepada Sang Pencipta.

"Jadi, terbentuknya karena kesadaran," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com