Abimana Aryasatya: Jangan Paksa Anak, Mereka Pasti Meniru

Kompas.com - 21/06/2015, 12:25 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Abimana Aryasatya (32) atau Abi mengatakan tidak pernah memaksa anak-anaknya untuk berpuasa dalam bulan Ramadhan. Menurut bintang film 99 Cahaya di Langit Eropa ini, seorang anak akan meniru berpuasa setelah melihat orangtuanya melakukan hal itu.

"Enggak usah dipaksakan. Mereka pasti niru. Kan kita (orangtua) kacanya (cermin bagi anak)," ujar Abi dalam wawancara di Istanbul Turkey Restaurant & Cafe, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (20/6/2015).

Abi mencontohkan, ketika ia dan istrinya sedang menjalankan ibadah puasa, anak-anaknya, yakni Belva Ugraha, Satine Zaneta, Bima Bijak, dan Arsanadi Sarka, bertanya mengenai apa yang sedang dilakukannya.

"Mereka pasti bertanya, 'Ayah ngapain sih? Ibu ngapain sih? Oh, enggak boleh makan ya? Saya boleh ikutan enggak?' Boleh," ceritanya.

Menurut Abi, memberi contoh nyata kepada anak merupakan cara yang tepat untuk mengajarkan anak bahwa hal itu merupakan bentuk ibadah kepada Sang Pencipta.

"Jadi, terbentuknya karena kesadaran," tekannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.