Rieke Diah Pitaloka: Tak Sulit Menulis Lirik Lagu "Bung Karno Bapak Bangsa"

Kompas.com - 25/06/2015, 09:30 WIB
Rieke Diah Pitaloka diabadikan sesudah menghadiri acara peluncuran lagu Bung Karno Bapak Bangsa di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGRieke Diah Pitaloka diabadikan sesudah menghadiri acara peluncuran lagu Bung Karno Bapak Bangsa di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015) malam.
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan anggota partai politik Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari (41) menulis lirik lagu berjudul "Bung Karno Bapak Bangsa". Ia mengaku tak perlu melakukan penelitian dulu untuk menulis lirik lagu itu, karena ia sudah mengenal sosok Soekarno, Presiden RI pertama, meski hanya melalui buku-buku yang dibacanya sejak kecil.

Komposisi lagu "Bung Karno Bapak Bangsa" dicipta oleh Prananda Prabowo, putra Megawati Soekarnoputri yang juga merupakan personel band Rodinda.

"Kebetulan saya dipercaya nulis lirik lagunya," kata Rieke dalam wawancara sesudah menghadiri acara peluncuran single "Bung Karno Bapak Bangsa" di Restoran Pulau Dua, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015) malam.

Lirik lagu tersebut mulai dan selesai ditulisnya pada Juni 2015.

"Saya enggak perlu penelitian. Bung Karno seperti mengaliri darah. Saya Sukarnois. Dari kecil baca buku Bung Karno, betul-betul sumber inspirasi saya," kata pemilik gelar S2 bidang filsafat dari Universitas Indonesia ini.

Bagi Rieke, tak begitu sulit menulis lirik lagu, karena sebagian besar kata-katanya ia ambil dari puisi karyanya yang sudah jadi.

"Sebenarnya, beberapa mengambil dari puisi saya yang sudah jadi. Saya berharap Bung Karno memberi inspirasi. Seni itu cara yang baik menginspirasi, karena tanpa menggurui," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X