Aming: "I don't Accept, I don't Refuse LGBT, I do Respect LGBT"

Kompas.com - 13/07/2015, 14:17 WIB
Aming di New York City, AS, Juli 2015 VOA Indonesia/NaratamaAming di New York City, AS, Juli 2015
EditorAti Kamil
WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Nama aktor komedi televisi dan bintang film, Aming, baru-baru ini menghebohkan dunia media sosial di Indonesia. Foto Aming dengan kostum unik saat mengikuti parade NYC Pride di kota New York akhir Juni lalu, diambil oleh seseorang dari akun instagram milik pembawa acara televisi untuk acara memasak, Chef Priscilia. Foto ini kemudian menggegerkan dunia maya dan menjadi trending topic selama beberapa hari, memicu suara pro dan kontra terhadap isu LGBT (lesbian, gay, bisexual, transgender).  

Partisipasi Aming dalam parade tersebut membuat ia dituding telah mendukung gaya hidup LGBT.  Beberapa media mencoba mendapatkan konfirmasi dari Aming, namun aktor yang bernama asli Aming Supriatna Sugandhi ini, menolak  untuk berkomentar.

Baru-baru ini, produser dan sutradara VOA, Naratama, menemui Aming di tengah kesibukannya rapat bersama beberapa teman di Times Square, New York. Aming lalu bersedia untuk diwawancara hanya oleh VOA.

Tidak lama kemudian, hadir juga Chef Priscilia dan presenter televisi Vicko. Chef Priscilia juga bersedia diwawancara bersama Aming.

VOA: Apa kabar Aming? Sekarang di New York, sedang sibuk apa?
Aming: Kabar baik. Saya datang ke Amerika dengan tujuan mencari sekolah S2, untuk mengambil Master. Selain itu juga ingin mengembangkan usaha disini sambil berkesenian juga. There are many things to do here in America.

Lalu bagaimana tanggapan Aming tentang pendapat publik bahwa Aming ke Amerika untuk ikut parade gay?
Wah itu ibaratnya gini ya. Misalnya ada orang bikin acara pentas musik, terus ada orang yang sengaja datang untuk ikut nonton musik, lalu ada orang yang nggak sengaja lewat, eh ternyata ada acara musik. Nah, saya juga kayak gitu. Datang ke sini kebetulan ada acara parade. Jadi berita yang ngomong saya ke Amerika untuk mendukung LGBT, itu fitnah. Sementara fitnah itu 'kan nggak boleh. Apalagi ini kan lagi bulan puasa. Seharusnya kan menjaga hati, jaga pikiran'.

Apakah Aming memang ada rencana ikut parade gay itu?
Saya itu ada di Amerika dari tanggal 23 Juni. Tujuannya ada tiga. Pertama mencari sekolah S2. Terus mau bikin usaha bareng sahabat-sahabat saya, Chef Priscil dan Vicko. Dan ketiga saya mau berkesenian di sini. Nah tiba-tiba ada teman saya bilang, 'Ming ayo ikut, ada NYC Pride (parade NYC).' Bukan Gay Pride. Artinya ini adalah parade bagi publik kota New Yok untuk merayakan kebebasan berekspresi. Eh kebetulan ini pas dengan dilegalkannya pernikahan sejenis. Yah mana saya tahu...

Tapi apakah Aming sendiri mendukung LGBT?
I don’t accept. I don’t refuse. But I do respect. Artinya saya tidak menolak, tidak juga mengiyakan. Tapi saya menghormati kebebasan orang. Namanya hak dan kewajiban itu harus sama, harus balance. Jadi kalau ada yang bilang saya mendukung, wah itu tau dari mana? Saya nggak pernah ngomong seperti itu.

Tapi berita-berita Aming mendukung LGBT banyak beredar di berbagai media?
Jadi gini. Semua berita yang ada di social media, website dan media cetak itu adalah berita yang mengarahkan, yang membentuk opini publik. Kok bisa-bisanya ada tulisan seperti itu? Saya tidak pernah diwawancara. Saya juga nggak pernah langsung ditanya. Berita-berita itu sepihak tanpa konfirmasi dari saya. Tapi ya saya sudah memaafkan mereka yang men-dzalimi saya. Mumpung bulan puasa juga, saya tidak mau banyak berkomentar. Kalau saya membalas lagi, wah nggak ada bedanya saya sama mereka, iya kan.

Priscil, jadi gimana sih ceritanya saat kamu difoto dengan Aming?
Priscilia: Waktu itu, sebenarnya itu foto saya. Jadi yang fotoin Vicko, fotonya ke saya. Lalu tiba-tiba Aming muncul saja di belakang sambil senyum. Nggak ada kesengajaan. Nggak seperti berita-berita di Indonesia, oh Pricil sama Aming datang sengaja ke New York untuk ikutan parade gay. Ini berita, sama sekali nggak nanya dulu ke kita. Kita sama sekali tidak mengeluarkan statement apapun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X