Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shelomita dan Batik Bulus Jakarta

Kompas.com - 07/08/2015, 16:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Saat peragaan busana dalam rangka peresmian Galeri Dekranasda DKI Jakarta, Rabu (5/8/2015), di Balai Kota Jakarta, tampak wajah semringah Shelomita (40). Dia tampil di panggung membawakan rancangan koleksi Batik Riana Kusuma. Dia menggandeng ketiga putrinya yang juga memperagakan koleksi yang sama.

"Hari ini, saya sebagai warga Jakarta bangga karena peluncuran motif batik baru yang khas Jakarta. Selama ini yang paling terkenal motif batik Jakarta hanya ondel-ondel dan Monas. Padahal, banyak sekali hal yang bisa dilihat di sini, misalnya flora dan fauna," ujarnya.

Shelomita menuturkan, dirinya mengikuti dari awal rapat-rapat untuk menentukan motif baru batik Jakarta ini. Dia mengatakan sangat paham tentang adanya keprihatinan bahwa Jakarta punya motif sendiri, tetapi belum muncul ke permukaan.

"Jujur saja, banyak juga flora dan fauna yang saya tidak tahu bahwa itu khas Jakarta. Misalnya bulus, saya enggak tahu kalau itu khas Jakarta. Flora juga, sepertinya kalau melihat sekilas, tumbuhan itu banyak di mana-mana. Ternyata itu khas Jakarta. Ini jadi pengetahuan juga buat saya dan anak-anak saya," kata Shelomita.

Sebagai pencinta batik, lanjutnya, dirinya sudah banyak tahu tentang motif batik Cirebon, Pekalongan, Solo, atau Yogyakarta.

"Sebagai warga Jakarta, yang lahir dan besar di Jakarta, saya sungguh senang ada batik yang milik kita sendiri. Indah, kan, tadi kalau dilihat? Mudah-mudahan booming, warga kenal dan bangga memakainya," ujarnya. (FRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com