Shelomita dan Batik Bulus Jakarta

Kompas.com - 07/08/2015, 16:44 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Saat peragaan busana dalam rangka peresmian Galeri Dekranasda DKI Jakarta, Rabu (5/8/2015), di Balai Kota Jakarta, tampak wajah semringah Shelomita (40). Dia tampil di panggung membawakan rancangan koleksi Batik Riana Kusuma. Dia menggandeng ketiga putrinya yang juga memperagakan koleksi yang sama.

"Hari ini, saya sebagai warga Jakarta bangga karena peluncuran motif batik baru yang khas Jakarta. Selama ini yang paling terkenal motif batik Jakarta hanya ondel-ondel dan Monas. Padahal, banyak sekali hal yang bisa dilihat di sini, misalnya flora dan fauna," ujarnya.

Shelomita menuturkan, dirinya mengikuti dari awal rapat-rapat untuk menentukan motif baru batik Jakarta ini. Dia mengatakan sangat paham tentang adanya keprihatinan bahwa Jakarta punya motif sendiri, tetapi belum muncul ke permukaan.

"Jujur saja, banyak juga flora dan fauna yang saya tidak tahu bahwa itu khas Jakarta. Misalnya bulus, saya enggak tahu kalau itu khas Jakarta. Flora juga, sepertinya kalau melihat sekilas, tumbuhan itu banyak di mana-mana. Ternyata itu khas Jakarta. Ini jadi pengetahuan juga buat saya dan anak-anak saya," kata Shelomita.

Sebagai pencinta batik, lanjutnya, dirinya sudah banyak tahu tentang motif batik Cirebon, Pekalongan, Solo, atau Yogyakarta.

"Sebagai warga Jakarta, yang lahir dan besar di Jakarta, saya sungguh senang ada batik yang milik kita sendiri. Indah, kan, tadi kalau dilihat? Mudah-mudahan booming, warga kenal dan bangga memakainya," ujarnya. (FRO)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.