"Alkisah": 17 Cerita Rakyat Lokal dan 60 Selebriti Tanah Air

Kompas.com - 11/08/2015, 11:51 WIB
Vino G Bastian menjalani sesi pemotretan di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta pusat, Jumat (10/10/2014). Vino berperan sebagai pahlawan nasional Djamin Gintings, suami Likas, dalam film 3 Nafas Likas. Film tersebut mengisahkan perjalanan hidup Likas. Film itu diputar di gedung-gedung bioskop Tanah Air mulai 16 Oktober 2014. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESVino G Bastian menjalani sesi pemotretan di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta pusat, Jumat (10/10/2014). Vino berperan sebagai pahlawan nasional Djamin Gintings, suami Likas, dalam film 3 Nafas Likas. Film tersebut mengisahkan perjalanan hidup Likas. Film itu diputar di gedung-gedung bioskop Tanah Air mulai 16 Oktober 2014.
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Fotografer Rio Wibowo, yang lebih dikenal sebagai Rio Motret dan dilanggan oleh sejumlah artis, melihat kaum muda Indonesia secara umum cenderung asing terhadap cerita rakyat lokal. Karena kondisi itu, Rio bekerja sama dengan Galeri Indonesia Kaya dan Grand Indonesia mengadakan pameran foto Alkisah, yang mengangkat 17 cerita rakyat Tanah Air, dari Timun Mas hingga Lutung Kasarung, dan melibatkan 60 selebriti negeri ini sebagai model, dari artis peran Vino G Bastian hingga penyanyi Syahrini.

Ide pameran foto tersebut datang dari Rio. Ia mengaku sudah berkeinginan untuk menyelenggarakan pameran foto itu sejak dua tahun lalu.

"Bagi saya memang sebuah proyek mimpi. Dua tahun ini masih di angan-angan. Mungkin enggak ya, saya kumpulin semua selebriti, karena mereka ini orang-orang yang diperhitungkan. Mereka semua ini mau bekerja tanpa dibayar. Ini kontribusi kami sebagai anak bangsa yang peduli dengan budaya Indonesia," kata Rio ketika memberi keterangan kepada media di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (10/8/2015).

Pameran yang memakan proses produksi hingga delapan bulan itu  diadakan di Atrium East Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, dari 10 Agustus hingga 23 Agustus 2015.

Menurut Vino, yang menjadi salah seorang model untuk Alkisah, pameran foto itu merupakan usaha yang baik untuk memelihara budaya Indonesia.

"Ini perwujudan dari anak muda untuk tetap kembali ke kebudayaan kita dengan berbagai macam cara, salah satunya dari seni fotografi," ujar Vino.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alkisah juga didukung oleh sejumlah perancang terkenal, antara lain Barli Asmara dan pihak almarhum Irwan Tirta, serta sejumlah penata gaya Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.