Ini Tiga Film yang Didaftarkan Ikut Bersaing dalam FFI 2015

Kompas.com - 09/09/2015, 19:55 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- 
Filosofi Kopi, Guru Bangsa: Tjokroaminoto, dan Di Balik 98, menjadi tiga film pertama yang sudah mendaftar dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun ini. Sutradara dan produser Filosofi Kopi Angga Dwimas Sasongko (30) mengaku punya alasan mengapa lebih awal mendaftarkan filmnya.

"Saya enggak punya kepentingan menang atau kepentingan apa. Tapi saya menganggap FFI ini wajah perfilman Indonesia," kata Angga kepada Kompas.com usai mendaftarkan Filosofi Kopi kepada panitia FFI 2015 di restoran Kembang Goela, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2015).

Pria yang pernah masuk nominasi Sutradara Terbaik 2010 berkat film Hari untuk Amanda itu mengatakan bahwa setelah mendaftarkan Filosofi Kopi, dirinya sama sekali tak memasang target untuk memenangkan salah satu penghargaan dalam FFI ke-37 yang akan digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 21 November 2015 nanti.

"Tapi saya enggak tahu bakal masuk nominasi atau enggak. Saya enggak bikin film buat FFI. Saya enggak memengaruhi teman-teman di FFI. Silakan menilai dengan objektif dan penuh tanggung jawab. Serta makin punya integritas," tuturnya.

Untuk Guru Bangsa: Tjokroaminoto, film yang disutradarai Garin Nugroho itu sudah didaftarkan oleh produser Dewi Umaya. Sedangkan film Di Balik 98 pendaftarannya diwakilioleh produser Affandi Abdul Rahman.

Ditemui terpisah, Ketua Bidang Media dan Publikasi FFI 2015 Lukman Sardi menambahkan, film-film yang bisa didaftarkan adalah karya yang telah dirilis sejak November 2014 hingga Oktober 2015.

"Tentunya kita mengharapkan semua mengikutsertakan filmnya di FFI. Sejauh yang saya bicara, mereka (sineas Indonesia) antusias dengan FFI," tuturnya.

Pada 22 Oktober 2015 mendatang, akan dilaksanakan peluncuran FFI 2015 sekaligus pengumuman film-film yang sudah terdaftar di ICE BSD. Kemudian, film-film yang lolos seleksi masuk nominasi bakal diumumkan di Plaza Indonesia pada 12 November 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.