Berkebun Bikin Fadly "PADI" Semakin Disayang Istri

Kompas.com - 18/09/2015, 08:12 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis grup band PADI, Andi Fadly Arifuddin atau Fadly "PADI", mengatakan bahwa dengan berkebun dirinya semakin disayang oleh sang istri, Deasy Aulia Arifuddin.

"Makin disayang istri," ujarnya lalu tertawa saat berbincang dengan Kompas.com di CGV Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Fadly mengatakan, berkebun dapat pula membuatnya paham akan siklus sebuah kehidupan. "Melihat tanaman tumbuh sampai saya bibitin lagi itu luar biasa. Saya seperti melihat siklus hidup. Filosfinya itu belajar melihat proses itu," katanya.

Fadly mulai berkebun sejak lima tahun lalu saat PADI vakum di industri musik Tanah Air. Dia memilih metode aquaponik untuk bercocok tanam. Teknik tersebut dipelajarinya dengan membaca artikel dan buku.

Sebagai permulaan Fadly mencoba bercocok tanam di pekarangan rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Setelah itu, ia memindahkannya ke lahan yang lebih luas di Pondok Cabe dengan luas 120 meter persegi. Menurut Fadly, berkebun adalah sebuah mimpinya selain bermusik.

"Karena berkebun mimpi yang tertunda saya selain musik. Itu bibit yang membibitkan," katanya.

Tak banyak yang ditanam Fadli. Ia hanya menanam beberapa jenis sayuran dan buah. Ia pun tak menjualnya, melainkan dikonsumsi secara pribadi. "Hasilnya dikonsumsi sendiri."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.