The Martian, Peluang Hidup di Mars

Kompas.com - 03/10/2015, 19:33 WIB
EditorIrfan Maullana

KOMPAS -- Mars menjadi obyek yang tidak pernah habis dijelajah peneliti. Berbagai kemungkinan untuk mencari peluang hidup di Planet Merah ini terus digali. Mampukah manusia bertahan hidup di benda langit yang beratmosfer tipis ini?

Planet yang masuk dalam jajaran planet dalam, tetangga terdekat Bumi, membuncahkan rasa penasaran. Citra satelit yang diunggah Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini menampakkan adanya jejak air mengalir di Mars.

Hasil analisis citra yang dijepret dari kamera wahana Mars, Reconnaissance Orbiter, menggambarkan adanya lapisan air garam di beberapa tempat. Ilmuwan belum mengetahui dengan pasti sumber air itu. Air bisa saja berasal dari es di bawah permukaan, sumber air asin di lapisan akuifer, atau merupakan hasil kondensasi atmosfer Mars yang tipis.

Temuan itu membuka babak baru bahwa Mars bukanlah planet gersang, seperti dugaan selama ini. Dengan suhu di bawah nol derajat celsius, masih diteliti bagaimana air bisa mengalir di permukaan Mars.

Pencarian jawaban, apakah manusia mampu bertahan hidup di Mars menggugah Scott Ridley (77) untuk memancarkan visinya ke dalam sebuah film, The Martian. Dengan Mars sebagai pusat cerita, Ridley mengungkap gagasan bahwa manusia ternyata memiliki peluang untuk bertahan hidup di Mars.

Sutradara berkebangsaan Inggris ini menempatkan sosok Mark Whatney (Matt Damon) ilmuwan NASA sebagai Martian, sebutan untuk penduduk imajinatif yang tinggal di Mars. Sebutan ini muncul karena Mars diyakini bakal menjadi planet berikutnya setelah Bumi yang bisa ditinggali manusia.

The Martian berbicara tentang peluang itu. Sebagai ahli botani yang ikut misi pesawat luar angkasa, Ares III, Whatney tidak sengaja terdampar di Mars. Whatney dan lima rekannya direncanakan meneliti di Mars selama 31 sol atau kira-kira 32 hari waktu di Bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.