Di Tengah Ancaman Badai Joaquin, Band NOAH Menghibur di AS

Kompas.com - 08/10/2015, 10:03 WIB
EditorAti Kamil
WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Keanekaragaman budaya Indonesia merupakan daya tarik yang luar biasa dan berbagai upaya dilakukan untuk semakin mengenalkan produk buatan Indonesia, kesenian, dan kuliner secara global. Di AS, upaya itu juga datang dari komunitas Indonesia sendiri dengan penyelenggaraan festival tahunan Made in Indonesia di Silver Spring, Maryland. Made in Indonesia 2015 diadakan pada Minggu (4/10/2015) waktu setempat.

Di tengah cuaca mendung dan suhu udara hingga 14 derajat Celsius, masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya tetap menunjukkan minat yang kuat untuk mengunjungi festival itu. Target penyelenggaraan festival tersebut bukan masyarakat Indonesia saja, melainkan juga para warga AS yang terlihat bersemangat datang.

Pasangan suami istri warga AS, Zachary dan Lauren Schauf, yang tinggal tidak jauh dari Silver Spring, mengatakan, "Kami warga di sekitar sini. Jadi, ketika melihat ada festival Made in Indonesia, kami senang sekali dan sekarang antre untuk membeli makanan khas Indonesia."

Berbagai makanan khas Indonesia, dari sate, nasi campur, bakmi ayam, hingga hidangan penutup seperti cendol dan es campur, tersedia bagi para pengunjung.

"Ini pertama kalinya kami mencoba cendol, rasanya unik dan segar," tambah Lauren.

Peluang mengenalkan produk Indonesia dimanfaatkan oleh Dian Wibowo, pemilik usaha Indo Boutique di kota Leesburg, Virginia, AS, dengan membuka kios dalam festival itu.

"Kami menawarkan produk-produk busana dan aksesori batik dari Yogyakarta dan Bali. Tanggapannya cukup baik untuk usaha kecil ini. Banyak minat dari warga Amerika, terutama permintaan untuk koleksi aksesori etnis dari Bali dan Yogyakarta," ujar Dian kepada VOA.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.