Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Walk", Kudeta World Trade Center Belum Usai

Kompas.com - 09/10/2015, 19:17 WIB
Irfan Maullana,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Philippe Petit (Joseph Gordon-Levitt), seorang seniman sirkus yang bercita-cita mengudeta gedung tertinggi di dunia, World Trade Center (WTC), Amerika Serikat, dengan cara berjalan di atas kabel guna menyebrangi kedua atap menara kembar tersebut pada 1974. Dalam pemikirannya, aksi nekat ini merupakan kudeta yang paling artistik zaman itu.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan bahwa Philippe mulai tertarik dengan seni berjalan di atas kabel setelah ia menyaksikan sebuah pertunjukan sirkus. Rasa penasaran yang dibalut nyali yang besar akhirnya menuntun pria asal Perancis itu berkenalan dengan pemimpin sirkus Rusia, Papa Rudy (Ben Kingsley), yang kemudian menjadi gurunya.

Singkat cerita, pilihan Philippe untuk menjadi seorang akrobatik rupanya tak direstui oleh orangtua. Ia lantas meninggalkan rumah dan berkelana ke Paris, Perancis, sembari menjalani pekerjaan sebagai akrobatik jalanan dengan keahlian juggling.

Selama berkelana, Philippe berkenalan dengan Annie (Chalotte Le Bon) dan Jean-Louis (Clement Sibony) yang kemudian menjadi kaki tangannya. Bersama mereka Philippe berupaya dikenal sebagai seniman sirkus yang nekat. Annie bertugas mengiringi aksi dengan permainan gitar, sementara Jean-Louis mengabadikan Phillipe dengan jepretan foto untuk dijual ke koran-koran lokal.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com