Riri Riza Bikin Film Ibunda Wapres Jusuf Kalla

Kompas.com - 31/10/2015, 13:28 WIB
Riri Riza diabadikan usai menjadi moderator diskusi film di Paviliun 28, Jakarta Selatan, Kamis (8/10/2015) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGRiri Riza diabadikan usai menjadi moderator diskusi film di Paviliun 28, Jakarta Selatan, Kamis (8/10/2015) malam.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara, produser dan penulis skenario, Riri Riza (45), sedang menggarap sebuah film tentang kehidupan seorang ibu dengan latar belakang budaya Sulawesi Selatan era 1950-an. Film tersebut berjudul Emma'.

"Saya baru selesai shooting di Makassar, Sulawesi Selatan. Satu film yang kisahnya tentang ibu," kata Riri kepada wartawan usai menjadi moderator dalam diskusi film di Paviliun 28, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Film ini ternyata terinspirasi dari kisah hidup Athirah, ibunda Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Artis peran Cut Mini pun didaulat sebagai pemeran utama. Meski begitu film tersebut bukanlah biografi ibunda Wapres JK, melainkan lebih fokus kepada kisah perjuangan seorang perempuan sebagai ibu dan istri.

Riri mengaku memiliki alasan mengapa memilih kisah Athirah yang kini namanya diabadikan sebagai nama sekolah TK hingga SMA di Makassar oleh Haji Kalla ayahanda JK sebagai ide cerita.

"Sederhananya kurang lebih bahwa saya menemukan cerita yang saya rasa tepat banget diceritakan lagi di zaman sekarang. Memberi kita banyak pandangan yang baru tentang bagaimana posisi keluarga, posisi seorang ibu di zaman sekarang walaupun ceritanya di masa lalu," tuturnya.

Shooting film Emma'  berlangsung pada 21 Mei 2015. Proses pengambilan gambar berlangsung selama 30 hari di Makassar, Parepare, dan Sengkang. Selain menjadi sutradara, Riri bersama Salman Ariasto juga bertindak sebagai penulis skenarionya.

"Mudah-mudahan pertengahan tahun depan (rilis)," kata Riri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.