Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riri Riza Bikin Film Ibunda Wapres Jusuf Kalla

Kompas.com - 31/10/2015, 13:28 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara, produser dan penulis skenario, Riri Riza (45), sedang menggarap sebuah film tentang kehidupan seorang ibu dengan latar belakang budaya Sulawesi Selatan era 1950-an. Film tersebut berjudul Emma'.

"Saya baru selesai shooting di Makassar, Sulawesi Selatan. Satu film yang kisahnya tentang ibu," kata Riri kepada wartawan usai menjadi moderator dalam diskusi film di Paviliun 28, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Film ini ternyata terinspirasi dari kisah hidup Athirah, ibunda Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Artis peran Cut Mini pun didaulat sebagai pemeran utama. Meski begitu film tersebut bukanlah biografi ibunda Wapres JK, melainkan lebih fokus kepada kisah perjuangan seorang perempuan sebagai ibu dan istri.

Riri mengaku memiliki alasan mengapa memilih kisah Athirah yang kini namanya diabadikan sebagai nama sekolah TK hingga SMA di Makassar oleh Haji Kalla ayahanda JK sebagai ide cerita.

"Sederhananya kurang lebih bahwa saya menemukan cerita yang saya rasa tepat banget diceritakan lagi di zaman sekarang. Memberi kita banyak pandangan yang baru tentang bagaimana posisi keluarga, posisi seorang ibu di zaman sekarang walaupun ceritanya di masa lalu," tuturnya.

Shooting film Emma'  berlangsung pada 21 Mei 2015. Proses pengambilan gambar berlangsung selama 30 hari di Makassar, Parepare, dan Sengkang. Selain menjadi sutradara, Riri bersama Salman Ariasto juga bertindak sebagai penulis skenarionya.

"Mudah-mudahan pertengahan tahun depan (rilis)," kata Riri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com