Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Fals: Saya Enggak Mungkin Tolak Zaman

Kompas.com - 28/11/2015, 14:52 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik kenamaan Iwan Fals mengaku tidak bisa menolak zaman dengan kemajuan teknologi komunikasi di era moderen saat ini. Melalui aplikasi berbalas pesan, Iwan jadi keranjingan untuk mengungkapkan kasih sayang kepada keluarganya.

"Saya enggak mungkin tolak zaman. Di desa-desa, petani, mereka juga memakai komunikasi dan itu menjadi hal yang baru," ujar Iwan.

"Ya asyik aja (menggunakan aplikasi berbalas pesan), ini bisa menjadi pemicu untuk kenal dan saling sayang. Tapi, bukan untuk menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh," kata pelantun lagu "Bento" tersebut.

Menurut Iwan, peran keluarga amatlah penting baginya. Ia pun tak bisa berkarya tanpa adanya peran sang istri, Rosana, beserta kedua putra-putrinya Annisa Cikal Rambu Bassae dan Raya Rambu Rabbani.

"Ya penting. Kalau enggak ada keluarga pasti enggak akan ada kegiatan tiap harinya," ucapnya.

Karena itulah, Iwan menekankan kepada keluarganya mengenai betapa penting sebuah komunikasi antar individu di dalam keluarga.

Menurut dia, jika komunikasi tak lancar, jangan harap akan ada kesepahaman antar individu.

"Penting sekali berkomunikasi, salah satunya bisa saling memahami. Tapi bagaimana kalau tidak ada komunikasi? Tidak akan ada saling paham," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com