Iwan Fals: Saya Enggak Mungkin Tolak Zaman

Kompas.com - 28/11/2015, 14:52 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik kenamaan Iwan Fals mengaku tidak bisa menolak zaman dengan kemajuan teknologi komunikasi di era moderen saat ini. Melalui aplikasi berbalas pesan, Iwan jadi keranjingan untuk mengungkapkan kasih sayang kepada keluarganya.

"Saya enggak mungkin tolak zaman. Di desa-desa, petani, mereka juga memakai komunikasi dan itu menjadi hal yang baru," ujar Iwan.

"Ya asyik aja (menggunakan aplikasi berbalas pesan), ini bisa menjadi pemicu untuk kenal dan saling sayang. Tapi, bukan untuk menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh," kata pelantun lagu "Bento" tersebut.

Menurut Iwan, peran keluarga amatlah penting baginya. Ia pun tak bisa berkarya tanpa adanya peran sang istri, Rosana, beserta kedua putra-putrinya Annisa Cikal Rambu Bassae dan Raya Rambu Rabbani.

"Ya penting. Kalau enggak ada keluarga pasti enggak akan ada kegiatan tiap harinya," ucapnya.

Karena itulah, Iwan menekankan kepada keluarganya mengenai betapa penting sebuah komunikasi antar individu di dalam keluarga.

Menurut dia, jika komunikasi tak lancar, jangan harap akan ada kesepahaman antar individu.

"Penting sekali berkomunikasi, salah satunya bisa saling memahami. Tapi bagaimana kalau tidak ada komunikasi? Tidak akan ada saling paham," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.