Oddie Agam: Daur Ulang Lagu Bisa Jadi Ladang Bisnis

Kompas.com - 30/11/2015, 20:15 WIB
Penyanyi dan pencipta lagu Oddie Agam Luntungan (62) diabadikan di Barge Hot Rod Coffe & Gallery, di Jalan Pangeran Antasari, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2015), saat menerima penghargaan Triple Platinum dari albumnya, yakni The Great Composers James F Sundah & Oddie Agam. KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANPenyanyi dan pencipta lagu Oddie Agam Luntungan (62) diabadikan di Barge Hot Rod Coffe & Gallery, di Jalan Pangeran Antasari, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2015), saat menerima penghargaan Triple Platinum dari albumnya, yakni The Great Composers James F Sundah & Oddie Agam.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dan pencipta lagu Oddie Agam Luntungan (62) mengatakan bahwa mendaur ulang sebuah lagu yang pernah populer di zamannya bisa menjadi sebuah ladang bisnis. Hal itu sudah terjadi di AS.

"Di Amerika saja, recycle sebuah lagu itu menjadi bisnis dan itu bisa menjadi hits, padahal memang di zamannya sudah hits," kata Oddie dalam wawancara di Barge Hot Rod Coffe & Gallery, Jalan Pangeran Antasari, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2015).

Namun, Oddie mengatakan, mendaur ulang lagu harus memiliki perhitungan matang dari sisi menentukan penyanyi yang cocok dengan aransemen terbaru lagu bersangkutan. Jika tidak, maka pesan dari lagu tersebut tidak akan sampai.

"Jadi, bagaimana menyampaikan ulang (lagu) dengan penyanyi baru. Dibawakan oleh anak muda dan dinikmati oleh anak-anak muda juga," katanya.

Karena itu, Oddie optimistis bahwa album album The Great Composers James F Sundah & Oddie Agam yang meraih predikat triple platinum dengan penjualan album di atas 50.000 bisa menjadi tolok ukur para produser untuk gencar memproduksi lagu daur ulang.

"Ini bisa jadi tolok ukur untuk mengaryakan lagu-lagu yang hits di zamannya," ujar Oddie.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X