Ganjar Pranowo: Seharusnya Iko Uwais-Yayan Ruhian Berbahasa Sunda

Kompas.com - 28/12/2015, 13:01 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo KOMPAS.com/NAZAR NURDINGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
|
EditorAti Kamil
SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa seharusnya Yayan Ruhian berbicara dalam bahasa Sunda dengan Iko Uwais dalam film Star Wars: The Force Awakens, yang sedang mengisi layar gedung-gedung bioskop di Indonesia.

"Tadi itu Si Yayan itu kan orang Sunda ya. Kalau tadi dia pakai bahasa Sunda dalam dialognya, pasti efeknya luar biasa," ujar Ganjar sesudah menonton film tersebut di Paragon Mall, Semarang, Minggu (27/12/2015) sore.

Dalam film tersebut, Iko dengan Yayan bercakap-cakap dalam "bahasa planet".

"Kalau pakai bahasa Sunda kan asyik. Kan itu bahasanya (Sunda dan "bahasa planet") sama-sama tidak (ada yang) tahu. Seharusnya pakai Sunda ya, kumaha, damang, misalnya," sambung Ganjar.

Dalam film itu, Iko, Yayan, dan artis peran laga Cecep Arif Rahman berperan sebagai anggota-anggota organisasi kriminal intergalaksi Kanjiklub.

"Kami dibuatkan bahasa sendiri. Iko dan Yayan yang ada bahasa planet sendiri untuk mereka berdialog," kisah Cecep dalam jumpa pers pada acara pemutaran perdana film tersebut di Senayan City XXI, Jakarta, Selasa (15/12/2015).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.