Alasan LSF Jadikan "Star Wars 7" untuk Semua Umur

Kompas.com - 12/01/2016, 18:45 WIB
Daisy Ridley beraksi sebagai Rey dalam Star Wars: The Force Awakens (2015) LucasFilmsDaisy Ridley beraksi sebagai Rey dalam Star Wars: The Force Awakens (2015)
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pihak Lembaga Sensor Film (LSF) memiliki alasan sendiri untuk menggolongkan film Star Wars: The Force Awakens atau Star Wars 7 sebagai tontonan bagi Semua Umur (SU) di Indonesia.

Padahal, di negara asal film itu, AS, Motion Picture Association of America (MPAA) memberi film tersebut rating PG (Parented Guidance)-13. Artinya, tanpa dampingan orangtua, hanya mereka yang berumur 13 tahun ke atas yang boleh menonton film itu.

"Karena, kami juga ingin memberi (film) pada kelompok-kelompok yang tidak cukup memperoleh film, yaitu kelompok film Semua Umur, yang minim sekali, lebih banyak film untuk remaja dan dewasa," jelas Ketua Lembaga Sensor Film (LSF), Ahmad Yani Basuki, kepada Kompas.com di Gedung LSF, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Senin (11/1/2016).

Agar film tersebut pantas ditonton oleh mereka yang berusia 13 tahun ke bawah di Indonesia, LSF kemudian membuang adegan-adegan yang dianggap berlebihan bagi anak-anak berumur dua hingga 12 tahun.

"Kalau film itu kami rencanakan untuk Semua Umur, maka kekerasan yang tidak sepatutnya itulah yang kami potong. Sudah dikurangi," terangnya.

"Jadi, kadang ada film yang memang di luar negeri untuk dewasa, tapi di sini sudah dikurangi beberapa hal supaya bisa ditonton semua umur," tekannya.

Jadi, apakah Star Wars: The Force Awakens benar-benar sudah sesuai diberi rating SU dan pantas ditonton oleh mereka yang berusia di bawah 13 tahun di Indonesia?

"Ya, dengan merevisi dan mengurangi bagian yang tidak cocok untuk Semua Umur," katanya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.