"The Martian" Dapat Tantangan Berat untuk Jadi Film Terbaik Oscar 2016

Kompas.com - 15/01/2016, 17:02 WIB
Salah satu adegan dalam film The Martian. Twentieth Century Fox Salah satu adegan dalam film The Martian.
|
EditorIrfan Maullana


CALIFORNIA, KOMPAS.com --
Penyelenggara Academy Award 2016 telah mengumumkan daftar nominasi untuk 24 kategori. Salah satu kategori yang paling bergengsi, yaitu Best Picture, menempatkan delapan film sebagai nomine, mulai dari The Martian hingga Mad Max: Fury Road.

Film pertama yang masuk nominasi adalah Bridge of Spies yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks itu menceritakan kisah seorang pengacara yang berjuang melakukan negosiasi penukaran tahanan antara AS dan Rusia selama perang dingin.

Kedua, ada film The Martian karya sutradara Ridley Scott dan dibintangi oleh Matt Damon yang berperan sebagai seorang astronot bernama Mark Watney yang harus melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup di planet Mars sebelum rekan-rekan astronotnya menjemput untuk kembali ke bumi.

Film ketiga adalah The Big Short arahan sutradara Adam McKay yang mengisahkan cerita lain di balik krisis global yang terjadi pada tahun 2008 dengan menampilkan akting dari Christian Bale, Steve Carrel, Ryan Gosling, dan Brad Pitt.

Kemudian, Mad Max: Fury Road karya sutradara George Miller yang menampilkan artis peran Tom Hardy sebagai Max Rockatansky dan Charlize Theron sebagai Furiosa dalam berperang mewalan Immortan Joe yang diperankan oleh Hugh Keays-Bryne menjadi film keempat yang masuk nominasi kategori Best Picture.

Nomine kelima adalah The Revenant yang disutradarai oleh Alejandro G Inarritu. The Revenant menampilkan akting Leonardo Di Caprio dan Tom Hardy dengan mengambil kisah berdasarkan bagian dari buku berjudul The Revenant: A Novel of Revenge karya Michael Punke.

Lalu, film keenam yang masuk nominasi Best Picture adalah film karya sutradara John Crowley, Brooklyn. Film tersebut dibintangi oleh artis peran Saoirse Ronan yang memerankan karakter Eilis Lacey, seorang wanita asal Irlandia yang berimigrasi ke Brooklyn, AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Film ketujuh yang menjadi nomine adalah Room, arahan sutradara Lenny Abrahamson. Film tersebut dibintangi oleh Brie Larson yang memerankan karakter bernama Ma.

Room menceritakan bagaimana seorang ibu bernama Ma dan anak laki-lakinya, Jack, yang berusia lima tahun berjuang untuk bebas dari Old Nick yang mengurung mereka dalam ruangan sempit serta perjuangan mereka setelah melihat dunia luar.

Selanjutnya, film kedelapan atau terakhir yang masuk nominasi Best Picture adalah Spotlight karya sutradara Tom McCarthy. Dibintangi oleh Michael Keaton dan Mark Ruffalo, Spotlight mengisahkan sebuah tim bernama Spotlight yang terdiri dari beberapa jurnalis dalam usaha mereka menguak kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak di Boston, AS.

Itulah kedelapan film yang menjadi nomine untuk kategori Best Picture di ajang Academy Award 2016.  Pengumuman nominasi Academy Award 2016 diselenggarakan di Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, California, Kamis (14/1/2016) pukul 05.30 waktu setempat.

Malam puncak penghargaan ajang Academy Awards 2016 akan dilaksanakan pada 28 Februari 2016 mendatang di Dolby Theater, Hollywood, California, AS dengan dipandu oleh artis peran dankomedian Chris Rock.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X