Sam "Bimbo": Penyakit Saya akibat Merokok Saat Muda

Kompas.com - 12/04/2016, 15:08 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi Samsudin Hardjakusuma, atau yang lebih dikenal sebagai Sam Bimbo, dirawat di Rumah Sakit Siloam Asri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Ia mengaku sakit karena kelelahan saat mengerjakan sebuah proyek musik.

"Kebetulan frekuensi pekerjaan saya cukup ketat. Saya dan rekan-rekan sedang sibuk untuk meng-collect hasil musik yang kacau-balau. Saya rapat terus-menerus. Itu mungkin kecapekan," ujar Sam saat menggelar jumpa pers di RS Siloam Asri pada Selasa (12/4/2016).

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebabnya. Sewaktu masih muda, kata Sam, ia termasuk orang yang suka merokok.

"Sakit saya disebabkan waktu muda merokok. Saya merokok sekitar hampir 20 tahun. Saya juga mengiklankan produk rokok 12 tahun. Dapat rokok itu semaunya. Akibatnya baru terasa sekarang," ujar vokalis grup musik Bimbo itu.

"Jadi, ada saluran pernapasan, lambung, sampai ke leher terganggu semua. Biasanya terganggu saat usia semakin tua," sambung dia.

Kini, Sam mengatakan bahwa kondisinya sudah membaik berkat perawatan tim medis rumah sakit. Hanya, pihak rumah sakit belum mengizinkan dia untuk pulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.