Persiapan Pilkada Yogyakarta, Garin Nugroho "Nabung" Film

Kompas.com - 19/04/2016, 07:15 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Garin Nugroho (54) mengungkapkan bahwa salah satu alasan dirinya maraton menyelesaikan tiga film layar lebar tahun ini adalah berkait Pilkada Yogyakarta 2017 mendatang.

Untuk diketahui, Garin baru saja didaulat oleh Jogja Independent (JOINT) untuk menjadi bakal calon (balon) wali kota Yogyakarta.

"Dalam setahun ini saya bikin tiga film. Sudah selesai semua dan itu cukup untuk empat tahun. Ha-ha-ha. Film Opera Jawa saya itu usianya 10 tahun," ujarnya kepada Kompas.com dalam wawancara per telepon di Jakarta, Senin (18/4/2016).

Pertama, film Mooncake Story yang dibintangi oleh Morgan Oey dan Bunga Citra Lestari (BCL) telah selesai shooting dan sedang proses editing. Selanjutnya ada film Setan Jawa yang berkonsep film bisu hitam putih dan diiringi scoring musik orkestra juga sudah rampung digarap olehnya.

Demikian pula dengan film Nyai yang berlatar 1927.

"Kan orang harus punya plan. Orang-orang nanya, 'Kenapa sih Mas Garin bikin film cepet, macem-macem'. Sudah ada persiapan (Pilkada)," ucapnya.

"Yang tidak ada persiapan hanya uang saja. Saya bukan orang kaya. Hanya itu, makanya saya independen," tambah Garin sambil tertawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.