Iseng Tanya Ukuran Bra, Kemal Pahlevi Dikecam

Kompas.com - 19/04/2016, 09:23 WIB
Artis peran dan komedian Kemal Palevi hadir jumpa pers film Jagoan Instan, di Grand Central Chinese Restaurant, Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2016). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANArtis peran dan komedian Kemal Palevi hadir jumpa pers film Jagoan Instan, di Grand Central Chinese Restaurant, Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebuah petisi berisi kecaman dialamatkan kepada komika dan artis peran Kemal Pahlevi. Petisi berjudul "Tolak lelucon yang menjadikan ukuran BH anak sebagai target" itu dibuat oleh Gita Putri Damayana dalam situs change.org.

Bersama 748 pendukung petisi lainnya, ia memprotes aksi iseng Kemal yang menanyakan ukuran bra anak di bawah umur dalam video berjudul "Nanya Ukuran BH #IsengnyaKemal" yang diunggah di YouTube, (16/4/2016).

"Silakan lihat Youtube dan perhatikan apakah Kemal Palevi membatalkan leluconnya ketika mengetahui obyek leluconnya berusia 14 tahun," demikian yang tertera dalam petisi.

Dalam video prank atau video lelucon tersebut, Kemal mengaku sebagai mahasiswa kedokteran yang tengah melakukan survei tentang ukuran bra sebagai bahan penelitian anatomi tubuh perempuan untuk skripsinya.

Ia kemudian menanyakan ukuran bra kepada beberapa perempuan yang ia temui. Nyaris tak ada yang menolak menjawab pertanyaan Kemal.

Namun, pada menit ke tiga dari video Berdurasi 7 menit 30 detik itu, responden Kemal yang diketahui berusia 14 tahun hanya menjawab 'tidak tahu'.

Sang komika pun lalu menasehati anak perempuan itu agar menjaga payudaranya dengan baik. Inilah yang dipermasalahkan para netizen, sebagaimana yang disebutkan dalam petisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bertanya soal ukuran BH perempuan dewasa sebagaimana ditampilkan Kemal Palevi bisa jadi cocok dengan selera humor sebagian orang. Namun ketika Kemal Palevi sebagai lelaki dewasa bertanya ukuran BH yang dikenakan anak berusia 14 tahun, di ruang publik pula; maka setiap orangtua, paman, tante, kakek dan nenek harus waspada bahwa humor yang dipraktekkan lelaki ini membahayakan anak-anak," tulis Gita.

"Oleh karena itu sebagai penanda tangan petisi ini, kami menuntut Kemal Palevi untuk menarik video Youtube-nya khusus edisi dirinya bertanya ukuran BH perempuan dan mengajukan permintaan maaf terhadap publik. Semoga hal ini membuat Kemal Palevi lebih cerdas dalam mengolah humor," tulisnya menutup petisi.

Video yang dipromosikan lewat Twitter itu juga mendapat sorotan dari banyak netizen. Ada yang menghujat tetapi ada pula yang tak mempermasalahkannya. Kini video tersebut telah dihapus dari akun pribadi Kemal di YouTube.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.