Musik Prince Melaju ke Puncak Billboard 200

Kompas.com - 26/04/2016, 12:41 WIB
EditorAti Kamil

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Musik Prince melaju ke puncak tangga album mingguan Billboard 200 di AS setelah kematian mendadak sang penyanyi dan pencipta lagu.

Rupanya, para penggemar Prince yang berduka bergegas mengingat warisannya lewat musiknya.

Pihak Nielsen Music pada Senin lalu (25/4/2016) mengatakan telah mendata penjualan 2,3 juta lagu dan lebih dari 579.000 album pada katalog Prince.

Angka tersebut tercapai dalam tiga hari sejak kematian Prince pada usia 57 tahun Kamis minggu lalu (21/4/2016) waktu Minneapolis, Minnesota, AS.

Penjualan album Prince dipimpin oleh The Very Best of Prince, yang merupakan kompilasi hit R&B Prince pada 2001 dan terjual lebih dari 250.000 unit dalam tiga hari.

Lagu-lagu dalam album tersebut, antara lain, "Purple Rain" dan "Kiss".

Kompilasi itu berada di puncak tangga album Billboard 200, dengan 179.000 unit dari penjualan album dan lagu dan pemutaran daring terbatas menurut data Nielsen yang dikutip oleh kantor berita Reuters.

Billboard mengukur penjualan musik dari Jumat hingga Kamis dalam seminggu.

Album Prince Purple Rain (1984) menempati posisi kedua, dengan angka penjualan 69.000 unit.

Tempat keenam, dengan angka penjualan 41.000 unit, dihuni oleh box set 1993 yang berjudul The Hits/The B-Sides.

Prince gigih membatasi penggunaan materialnya di YouTube dan platform pemutaran musik daring seperti Spotify dan Rhapsody.

Ia membuat semua katalog lagunya tersedia di layanan pemutaran daring berlangganan, Tidal, miliknya, yang diluncurkan oleh rapper Jay Z.

Pada tangga lagu digital yang mengukur penjualan unduhan lagu, "Purple Rain" memimpin lima lagu Prince yang masuk 10 besar. (Maryati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.