Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musik Prince Melaju ke Puncak Billboard 200

Kompas.com - 26/04/2016, 12:41 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Musik Prince melaju ke puncak tangga album mingguan Billboard 200 di AS setelah kematian mendadak sang penyanyi dan pencipta lagu.

Rupanya, para penggemar Prince yang berduka bergegas mengingat warisannya lewat musiknya.

Pihak Nielsen Music pada Senin lalu (25/4/2016) mengatakan telah mendata penjualan 2,3 juta lagu dan lebih dari 579.000 album pada katalog Prince.

Angka tersebut tercapai dalam tiga hari sejak kematian Prince pada usia 57 tahun Kamis minggu lalu (21/4/2016) waktu Minneapolis, Minnesota, AS.

Penjualan album Prince dipimpin oleh The Very Best of Prince, yang merupakan kompilasi hit R&B Prince pada 2001 dan terjual lebih dari 250.000 unit dalam tiga hari.

Lagu-lagu dalam album tersebut, antara lain, "Purple Rain" dan "Kiss".

Kompilasi itu berada di puncak tangga album Billboard 200, dengan 179.000 unit dari penjualan album dan lagu dan pemutaran daring terbatas menurut data Nielsen yang dikutip oleh kantor berita Reuters.

Billboard mengukur penjualan musik dari Jumat hingga Kamis dalam seminggu.

Album Prince Purple Rain (1984) menempati posisi kedua, dengan angka penjualan 69.000 unit.

Tempat keenam, dengan angka penjualan 41.000 unit, dihuni oleh box set 1993 yang berjudul The Hits/The B-Sides.

Prince gigih membatasi penggunaan materialnya di YouTube dan platform pemutaran musik daring seperti Spotify dan Rhapsody.

Ia membuat semua katalog lagunya tersedia di layanan pemutaran daring berlangganan, Tidal, miliknya, yang diluncurkan oleh rapper Jay Z.

Pada tangga lagu digital yang mengukur penjualan unduhan lagu, "Purple Rain" memimpin lima lagu Prince yang masuk 10 besar. (Maryati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com