Maya Hasan dan Puisi Bernyanyi

Kompas.com - 26/04/2016, 15:52 WIB
Pemian harpa Maya Hasan saat ditemui dalam acara konferensi pers pementasan teater Rumah Boneka, di Galeri Nasional, Jakarat, Minggu (27/11/2011). TRIBUNNEWS.com/DANY PERMANAPemian harpa Maya Hasan saat ditemui dalam acara konferensi pers pementasan teater Rumah Boneka, di Galeri Nasional, Jakarat, Minggu (27/11/2011).
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com --Untuk pertama kali, seniman harpa Maya Hasan menggubah komposisi dengan kata-kata. Dan pada karya pertama ini ia menggarap puisi "Surat dari Ibu" karya Asrul Sani.

"Kembali pulang anakku sayang/Kembali ke balik malam..." begitu penggalan lirik puisi yang akan disuguhkan Maya dan penyanyi Ronald Silitonga dalam acara "Puisi Bernyanyi" di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan 15, Selasa (26/4/2016) pukul 19.30.

Pergelaran juga akan menampilkan Ari-Reda dan Christopher Abimanyu.

"Buat aku, ini kesempatan luar biasa membuat komposisi karya maestro seperti Asrul Sani," kata Maya.

Untuk keperluan komposisi, ia perlu memberi pengulangan pada kata-kata tertentu guna memberi tekanan pada bobot kata-kata dalam puisi.

"Tantangannya, lagu harus enak didengar dan esensi puisi tidak hilang."

Ketika membaca puisi "Surat dari Ibu", Maya membayangkan busana yang akan dikenakan.

Mengingat pesan puisi dan sosok Asrul Sani, terbayang oleh Maya sesuatu yang sangat Indonesia.

Untuk itu, dia dibantu desainer Edward Hutabarat dengan koleksi tenun Waingapu.

"Untuk puisi ini aku tidak berani pakai busana sembarangan. Harus sangat Indonesia, ini kan warisan budaya." tutur Maya.

Dan dengarlah Maya Hasan "bernyanyi" dengan harpanya. (XAR)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 26 April 2016, di halaman 32 dengan judul "Puisi Bernyanyi".



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X