"Satu", Kolaborasi Iwan Fals dengan NOAH, D'MASIV, Nidji, dan Geisha

Kompas.com - 12/05/2016, 09:47 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com-- Usia rupanya tidak membatasi musisi legendaris Virgiawan Listanto (54) atau yang dikenal dengan Iwan Fals dalam berkarya.

Hal itu ia buktikan lewat sebuah album berjudul Satu. Album ini hasil kolaborasi Iwan Fals dengan empat band papan kenamaan Tanah Air. Mereka adalah NOAH, D'MASIV, Nidji dan Geisha. 

"Di sini kita buat sesuatu, saya pemusik ya tentu saya membuat musik," ungkap Iwan dalam peluncuran album Satu di Pisa Kafe Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/5/2016).

Dalam proses pembuatan album tersebut, pelantun tembang "Bento" ini mendapat banyak pengalaman unik. Apalagi kolaborasi dengan empat band yang punya karakter dan kelebihan masing-masing.

"Saya butuh waktu lama masuk ke dalam situ. Ini pikiran kita bersama, akhirnya terwujud," kata Iwan. 

Menurut Iwan, album ini lebih membahas persoalan cinta. Cinta yang universal.

"Bahas tentang Cinta di album ini, jadi saya cuma bisa bersyukur dengan adanya album Satu ini," ucapnya. 

Sementara itu, menurut Indrawati Wijaya, produser musik Musica Studio yang menaungi empat band tersebut, keinginan untuk menggarap album kolaborasi sudah digagas sejak lama.

"Sebenarnya sudah lama pengin kerjasama bareng dengan Iwan Fals. Waktu itu di Bali kita diskusi dan silaturahmi dan terjadilah album Satu ini. Kemudian kita sampaikan ke Nidji, NOAH, Geisha dan D'MASIV," ujar Acin, sapaan akrabnya. 

Album Satu berisi 10 materi lagu yang terdiri dari lima lagu lama dan lima lagu baru yakni "Yang Terlupakan" (Noah), "Pesawat Tempur" (Nidji), "Izinkan Aku Menyayangimu" (Geisha), dan "Entah" (D'MASIV).

Selain itu ada "Para Penerka" (Iwan Fals ft. Noah), "Tak Seimbang" (Iwan Fals ft. Geisha), "Satu-satunya" (Iwan Fals ft. D'MASIV), "Hidup yang Hebat" (Iwan Fals ft. Nidji), "Kemesraan" (Kolaborasi semua artis), dan "Abadi" (Kolaborasi semua artis).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.