Seni dan Budaya Masih Lesu, Titiek Puspa Menangis dalam Hati

Kompas.com - 23/06/2016, 06:34 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com -  Enam puluh tahun berkarya di dunia industri musik Indonesia, artis musik Titiek Puspa (78) sudah melewati beberapa masa. Namun ia merasa pemerintah belum memberi dukungan yang signifikan pada industri musik.

"Saya jadi seniman sejak dari lahirku, saya merasa belum ada yang signifikan gitu. Kayak kota Jakarta aja, masa enggak punya music hall. Belum ada gedung seni budaya yang gimana gitu yo," ujarnya saat ditemui di Hard Rock Cafe, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2016).

Hal itu pun membuat pelantun "Marilah Kemari" itu merasa sedih.

"Itu buat saya sedih, di dunia seni budaya ini kok begini ya. Padahal bangsa jadi besar kalau diangkat budayanya. Di hati kecil saya menangis ya karena itu," paparnya.

Padahal kemampuan musisi dan pelaku seni Indonesia sudah semakin maju. Sayangnya hal itu tak dibarengi dengan support pemerintah yang memadai.

"Zaman dulu lagi, enggak ngerti apa-apa. Tahunya cuman gimana caranya besok bisa makan. Sekarang semua sudah ada, para expert sudah buanyak," jelasnya.

Ia berpendapat dukungan pemerintah bisa memajukan industri musik dan seni pada umumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.