Kunto Aji Membagi Tips Menulis Lirik Lagu

Kompas.com - 14/07/2016, 17:19 WIB
Kunto Aji dalam acara workshop musik bertema Difabel Indonesia Mau Berkarya, di Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016) KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANKunto Aji dalam acara workshop musik bertema Difabel Indonesia Mau Berkarya, di Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016)
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dan pencipta lagu Kunto Aji (29) membagi tips bagaimana memperkaya referensi untuk penulisan lirik sebuah lagu.

Menurut dia, seseorang harus rajin membaca lirik lagu karya orang lain.

"Kalau kalian ingin jago menulis lirik lagu, baca-baca lirik lagu orang lain," kata Kunto dalam acara workshop musik Difabel Indonesia Mau Berkarya, di Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016).

Bagi Kunto, dia sendiri merasakan betul manfaat sering membaca lirik lagu karya orang lain.

Untuk pendukung lainnya, pria yang lahir di Yogyakarta ini juga memanfaatkan puisi dan prosa.

"Puisi atau prosa untuk memperkaya lagi. Sebenarnya semua orang itu bisa bikin lagu. Anak kecil umur tiga tahun pun juga bisa, karena ketika kita bersenandung na-na-na itu juga lagu kalian," turunnya.

Kunto menceritakan penulisan lirik hit-nya, "Terlalu Lama Sendiri", sebagai contoh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menulis lirik lagu tersebut berdasarkan pengalaman dirinya dan teman-temannya.

"Buatlah lagu apa yang sudah dirasakan. Kalau orang (dalam keadaan) sendiri itu galau, belum tentu. Malah, ada orang yang sendiri tapi senang-senang aja," ucapnya mencontohkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.