Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Ari Wibowo Melepas Kewarganegaraan Jerman

Kompas.com - 16/08/2016, 20:26 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Artis peran dan model Ari Wibowo (45) mengenang pengalamannya ketika harus memilih salah satu dari dua kewarganegaraan yang dimilikinya, Indonesia atau Jerman.

"Dulu waktu saya umur 17 tahun, sama Pemerintah Jerman saya ditanya, 'Mau lepas (kewarganeraan) atau tidak?'," ucap Ari dalam wawancara seusai mengisi acara di Studio TransTV, kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2016).

Pemilik nama asli Arianto ini lahir di Berlin, Jerman, dari orangtua yang berbeda kewarganegaraan. Ibunya, Sibyll Ollmann, berasal dari Jerman. Ayahnya, Wibowo Wirjodiprodjo, asli Indonesia.

Dari sisi Pemerintah Jerman, karena ayah dan ibu Ari berbeda kewarganegaraan, sejak lahir Ari otomatis memegang dua kewarganegaraan, yaitu Indonesia dan Jerman.

Ketika berumur 17 tahun, usia dewasa, ia harus memilih salah satunya.

"Saya bilang, ya lepas saja karena saya merasa saya orang Indonesia. Saya lebih merasa jadi orang Indonesia daripada orang Jerman," ujar ayah dua anak ini.

Masalah kewarganegaraan menjadi bahan pembicaraan sesudah Gloria Natapradja Hamel batal dilantik menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) karena ia memegang paspor Perancis dan dianggap berkewarganegaraan Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com