Si Komo Akan Punya Penampilan Baru

Kompas.com - 03/10/2016, 10:20 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Si Komo, karakter kartun yang populer di era 90-an, tampil dengan wajah baru lebih sesuai dengan masa kini.

Hal ini diprakarsai oleh Minuk Seto dan penulis Marchella FP. Minuk merupakan putri pencipta karakter Si Komo, Seto Mulyadi.

"Kami develop ulang karakter Si Komo. Kami cuma memperbarui karakter Si Komo dan teman-temannya," ujar Marchella saat dijumpai di Indonesia Comic Con, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

"Sebenarnya lebih ke visual. Kami perbarui style-nya ke zaman sekarang," sambung lulusan Universitas Bina Nusantara Jakarta tersebut.

Menurut Marchella, ide tersebut lahir setelah ia merilis buku berjudul Generasi 90-an pada 2013 lalu.

Dalam buku tersebut, ia menampilkan sosok Si Komo yang kemudian dilirik oleh Minuk.

"Aku di buku itu (Generasi 90-an) mengabarkan cerita Si Komo selain Pak Raden dan Si Unyil. Lalu dikabarin untuk kerja sama dan poinnya ingin mengenalkan ikon itu kepada anak zaman sekarang. Generasi 90-an kan banyak sudah jadi orangtua," ujar Marchella.

Bukan hanya Si Komo, teman-temanya seperti Belu (Bebek Lucu), Dompu (Domba Putih), Piko (Sapi Kokoh), dan Ulil (Ulat Kecil) juga tampil dengan wajah baru.

Karakter baru mereka digarap oleh ilustrator dan desainer karakter Sesotya Jodie.

Selain wajah baru, cerita Si Komo dan teman-temannya akan dibuat dalam format digital yang saat ini dalam proses produksi. Rencana itu akan dihadirkan melalui situs video YouTube.

"Senang sih ya. Ibu-ibu muda kan lebih haus akan kontel lokal untuk diajarkan kepada anak-ananya. Kami ingin mengangkat nasionalisme anak dengan brand lokal," ujar Minuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.