Lukman Sardi: Nominasi FFI Itu-itu Saja

Kompas.com - 17/10/2016, 18:47 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Panitia Festival Film Indonesia (FFI) Lukman Sardi menjelaskan alasan mengapa dalam satu nominasi FFI 2016, ada sineas yang mendapatkan dua atau tiga nominasi.

Contohnya, artis peran Reza Rahadian masuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik untuk film My Stupid Boss dan Rudy Habibie.

"Tidak bisa dimungkiri juga, kita harus akui bahwa Reza aktingnya bagus. Let's say di My Stupid Boss dan Rudy Habibie, dia memberikan sesuatu yg beda. Aktor lain pun yang masuk sebagai nominasi juga hebat," katanya dalam wawancara di GIA Restaurant, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Namun, ada salah satu alasan yang tak kalah penting. Menurut Lukman, regenerasi aktor dan aktris Tanah Air yang lamban membuat para juri tak memiliki pilihan beragam untuk artis peran berkualitas di dunia perfilman Indonesia.

"Enggak bisa dimungkiri saat ini regenerasi aktor kita agak terhambat. Jadi kenapa munculnya Reza lagi," ucapnya.

"Jadi bukan salah jurinya ada yang dapat tiga nominasi karena memang orangnya itu-itu aja. Mungkin sekarang publik kesannya nominasinya dia lagi, dia lagi. Ya karena memang cuma itu orangnya, mau apa lagi. Enggak mungkin dong juri-juri itu memilih kalau bukan menurut mereka yang terbaik," ujar Lukman lagi.

Menurut Lukman, isu ini seharusnya menjadi konsenterasi pelaku industri film untuk mempercepat regenerasi aktor baru serta bagaimana memotivasi para produser agar tak melulu main "aman" dengan menggunakan aktor yang sudah terkenal.

"Jadi harus ada sinergi antara semuanya. Produser mau mencari orang baru yang potensial. Terus juga bagaimana aktor baru berusaha meningkatkan bukan cuma kualitasnya, tapi juga keseluruhan sehingga produser mau pakai," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.