Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

104 Musisi Lintas Genre Siap Gebrak Synchronize Fest 2016

Kompas.com - 19/10/2016, 18:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 104 musisi Tanah Air lintas generasi dan lintas genre bakal mengentak panggung Synchronize Fest 2016 pada 28, 29, dan 30 Oktober.

Mulai solois hingga band dari dekade 1970-an sampai 2000-an akan tampil di panggung festival yang digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, ini.

Di antaranya ada Blackteeth, Deadsquad, Kelompok Penerbang Roket, Matajiwa, Endank Soekamti, Pee Wee Gaskins, Navicula, Tulus, Kunto Aji, Tony Q, Mocca, dan Gugun Blues Shelter. Lalu tak ketinggalan pula The Groove, Glenn Fredly, Sheila on 7, Monita, Efek Rumah Kaca, dan masih banyak lagi.

Ada yang mengusung genre heavy metal, R&B, jazz, EDM, ska, rock & roll, reggae, hip hop, punk, blues, metalcore, pop, folk, bossa nova, hingga dangdut.

"Kami ingin buat bhineka tunggal ika dalam musik industri," kata Direktur Synchronize Fest David Karto dalam jumpa pers di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (19/2016).

"Misalnya, musik death metal nan brutal akan bertemu empasan dangdut legendaris, horror punk berbagi slot dengan indie rock kekinian, jazz eksperimental bertemu gerombolan hip hop 90-an, grindcore berjumpa dengan pop mainstream, hingga punk rock bersanding dengan aura folk," tambahnya.

Program Director Synchronize Fest Rizky Aulia, menambahkan bahwa menyatukan 104 musisi dari beragam aliran musik bukanlah pekerjaan mudah. Mulai dari menyeleksi siapa saja para penampilnya hingga mengatur jadwal manggung mereka.

"Tantangan terbesarnya berlaku adil. Band-nya kami bagi rata," kata Rizky.

"Proses kurasinya. Kami pecah dulu genre musik di Indonesia apa saja. Terus siapa yang punya peranan dari tahun 70-an sampai sekarang. Kami urutin dulu yang pernah stand out di industri pada masanya," tambahnya.

Tak hanya menyajikan pertunjukan musik selama tiga hari, Synchronize Fest 2016 juga akan menyediakan area hiburan lainnya. Ada Movie Area yang bakal memutar film-film yang didukung oleh Kineforum, ada pula Record Market, Visual Experience, Clothing Area, dan Food Trucks Area.

Untuk tiketnya, Early Entry dijual dengan harga Rp 145.000 dan Daily Regular Rp 200.000. Lalu ada pula, tiket 3-days pass seharga Rp 360.000 yang penjualannya dibuka dari 19 hingga 23 Oktober 2016.

Informasi lebih lanjut mengenai jadwal acara serta pembelian tiket dapat dilihat di www.synchronizefestival.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com