Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Cukup Gue", Film Laga yang Terinspirasi Lagu-lagu Slank

Kompas.com - 22/10/2016, 16:36 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagaimana jadinya jika lagu-lagu grup band Slank menjadi inspirasi untuk sebuah film drama-laga? Sahabat Rekan Sebaya (SRS) Foundation bekerja sama dengan Saga Films, memproduksi film berjudul Cukup Gue yang dikemas secara omnibus.

Lagu "Gemerlap Kota", "Orkes Sakit Hati", dan "Kampungan" milik Slank pun dipilih untuk mengilhami tiga kisah dalam film ini.

"Saya sudah sowan duluan ke Slank. Mereka masukkan lagu, 'Oh ini oke nih buat cerita yang ini'. Akhirnya dipilihlah tiga lagu. Lagu-lagu itu klik dengan filmnya," kata sang produser Cukup Gue, Ario Sagantoro, dalam jumpa pers film tersebut di Markas Slank, Jalan Potlot, Jakarta Selatan, Sabtu (22/10/2016).

Awalnya film Cukup Gue ini merupakan film pendek produksi 2008 yang diangkat untuk mengampanyekan bahaya narkoba. Kemudian, muncul ide untuk memindahkannya ke layar lebar.

Ario yang berpengalaman sebagai produser film Merantau dan The Raid memutuskan mengemasnya dengan sentuhan laga pada film yang ditukangi oleh tiga sutradara dengan pesan kampanye anti-narkoba.

"Ini bisa dibilang kampanye bahaya narkoba terselubung. Karena kalau udah dibilang film ini tentang narkoba, bisa jadi penonton udah alergi duluan. Makanya saya coba kemas berbeda," kata Ario.

"Cukup Gue itu maksudnya cukup gue yang jadi korban narkoba. Cukup gue yang jadi keluarga pemakai narkoba," tambahnya.

Vokalis Slank, Kaka, menambahkan bahwa film Cukup Gue berhasil membuatnya penasaran.

"Sudah beberapa kali Slank diajakin support atau jadi inspirasi sebuah karya. Tapi kali ini ada tiga film pendek dibikin jadi satu, itu yang bikin penasaran," katanya.

Film ini menceritakan tiga kisah berbeda yang mengangkat tema utama tentang narkoba. Bagian pertama disutradarai oleh Ario Sagantoro mengisahkan tentang anak muda yang terpaksa menjadi kurir narkoba untuk membiayai ibunya yang sakit.

Lalu, pada bagian kedua berkisah tentang janda kembang yang terjerat prostitusi dan narkoba. Cerita ini disutradarai oleh Agyl Shahriar.

Sementara bagian terakhir diarahkan oleh aktor Dwi Sasono, dengan sebuah cerita perempuan muda yang menjalani terapi berkuda dalam rehabilitasi narkoba kelas A.

Film ini menghadirkan aktor Fauzi Baadila, Christine Hakim, Nadila Ernesta, Cecep Arif Rahman, dan lainnya. Cukup Gue telah memulai proses shooting dan direncanakan tayang pada akhir 2016 atau awal 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com