"Salawaku" Bersaing untuk Best Asian Future Award

Kompas.com - 26/10/2016, 21:36 WIB
EditorIrfan Maullana

KOMPAS.com - Salawaku, film garapan sutradara Pritagita Arianegara, terpilih untuk tayang di program Asian Future, Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) ke-29 dan akan bersaing dengan sembilan judul film lainnya untuk meraih penghargaan Best Asian Future Award.

Salawaku mulai diputar hari ini, pukul 15.20 waktu setempat di Toho Cinema Roppongi Hills. Penayangan film yang mengambil gambar di Pulau Seram, Maluku, tersebut turut dihadiri sang sutradara dan para pemainnya, di antaranya Karina Salim yang dan Elko Kastanya.

Film yang telah meraih penghargaan Piala Dewantara dari Apresiasi Film Indonesia 2016 tersebut, berkisah tentang perjalanan bocah berusia 10 tahun bernama Salawaku yang diperankan dengan apik oleh Elko untuk mencari kakaknya Binaiya (Raihaanun) yang pergi tanpa kabar.

Salawaku yang seorang yatim piatu, nekat mencuri perahu milik kepala desa dan mendayungnya seorang diri demi menemukan Binaiya di pulau seberang. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan Saras (Karina Salim), yang kemudian memutuskan untuk menemani Salawaku.

Di tengah perjalanan, keduanya berpapasan dengan Kawanua (Joshua Matulessy), kakak angkat Salawaku. Ketiganya kemudian melakukan perjalanan untuk menemukan Binaiya. Konflik pun terbangun, sedikit demi sedikit terungkap alasan Binaiya meninggalkan desanya dan Salawaku.

Selama 82 menit, para penonton dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan dari Pulau Seram di Maluku, mulai dari pantainya yang biru, keindahan bawah lautnya, bukit dengan rumput hijau, dan air terjun Lumoli. Hampir seluruh pengambilan gambar film produksi Kamala Film tersebut dilakukan di ruang terbuka.

Salawaku akan bersaing dengan Birdshot (Filipina), Canola (Korea Selatan), EWA (Israel), I America (Filipina), Lipstick Under My Burkha (India), Nirvana (China), Ode to Time (Taiwan), The Summer Is Gone (China), dan A Women Wavering In The Rain (Jepang).

Bertindak sebagai juri untuk Asian Future yakni Direktur Bucheon International Fantastic Festival Choi Yong-bae, international programmer Festival Film Internasional Toronto Giovanna Fulvi, dan penulis sekaligus sutradara Jepang Ryosuke Hashiguchi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.