Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Selebriti Suarakan Deklarasi #ToleransiDamai

Kompas.com - 17/11/2016, 09:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah artis musik Tanah Air ikut menyuarakan deklarasi #ToleransiDamai dalam dalam acara Peace and Tolerance (PeaceTol) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, Rabu (16/11/2016) malam.

Di antara mereka ada penyanyi jazz Dira Sugandi, rapper JFlow, Juli "Kill the DJ", artis peran dan sutradara Ernest Prakasa, penyanyi reggae Steven Jam dan lainnya.

Dipimpin oleh Direktur The Wahid Institute, Yenny Wahid, deklarasi damai itu dikumandangkan di area Teater Terbuka UNJ dalam rangka merayakan Hari Toleransi Dunia 2016.

"Kami berbangsa menghormati yang beda: damai dan toleran. Kami mencintai semua: alam dan manusia kami Indonesia."

Ikrar itu terdengar lantang diucapkan semua orang yang menghadiri kegiatan tersebut.

Pada perayaan Hari Toleransi Sedunia ini akan dihadiri sejumlah tokoh, perwakilan organisasi keagamaan, musisi dan artis, mahasiswa, serta tamu duta besar atau perwakilan dari negara sahabat.

"Kami sengaja bikin ini karena kami khawatir dengan maraknya kebencian saat ini, saling mencaci dan mengirimkan pesan-pesan kebencian. Seolah-olah lupa bahwa kita sebangsa. Semangat toleransi harus selalu digelorakan," seru Yenny yang disambut sorak sorai.

"Kita deklarasikan Toleransi Damai untuk menjaga semangat ke-bhinneka-an negara kita," imbuhnya. Tak hanya menjadi penyuara Deklarasi #ToleransiDamai, para musisi yang ikut serta juga menyumbangkan suaranya dalam PeaceTol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com