Krisdayanti dan Raul Lemos Jamin Tais "Printing" Tak Matikan Tais Tenun

Kompas.com - 11/12/2016, 11:53 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorKistyarini

DILI, KOMPAS.com - Pasangan Krisdayanti dan Raul Lemos menjamin produksi tais dengan metode printing tidak akan mematikan tais tenun.

Sebab, mereka menyebut tais printing yang mereka produksi memiliki penggunaan berbeda dari teis tenun.

Menurut Raul, tais tenun memiliki nilai historis dan kultur yang sangat tinggi dalam budaya Timor Leste. Karena, kata dia, sudah dilakukan secara turun temurun sejak ribuan tahun.

Raul menyatakan tais tenun akan tetap digunakan saat acara ritual kebudayaan.

"Munculnya kain ini tidak akan mematikan kultur dan budaya tais, sebab kami orang Timor Leste dalam acara kematian dan lamar melamar itu selalu ada kaitannya dengan tais. Misal ada kematian kami bawa tais, atau diberi tais tergantung posisinya ada di mana. Begitupun dengan acara lamaran juga menggunakan itu," kata dia saat acara peluncuran teis printing di Dili Convention Center, Dili, Timor Leste, Sabtu (10/12/2016) malam.

Tais adalah kain tenun tradisional Timor Leste. KD dan Raul baru saja meluncurkan produk fashion dengan konsep tais, tetapi dengan metode printing.

[Baca: Terinspirasi Batik, Krisdayanti dan Raul Lemos Ingin Tais Dikenal Dunia]

Menurut Raul, tais printing yang ia dan KD luncurkan bertujuan agar kain berkonsep tais dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam segala kegiatan apapun. Ia menyatakan tais printing tidak bisa digunakan untuk ritual kebudayaan.

"Nilai budaya yang tenun itu sangat tinggi sekali sehingga ini (tais printing) tidak mungkin diberikan dalam acara kematian atau lamar melamar," kata Raul.

Tais dengan metode printing diproduksi oleh brand yang didirikan oleh KD dan Raul, yakni Raya Tax.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.