Kaleidoskop 2016: Jejak Duka dalam Industri Hiburan Tanah Air

Kompas.com - 14/12/2016, 09:00 WIB
Mike Mohede tampil bersama Yovie Widianto pada hari kedua Indonesian Jazz Festival (IJF) 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (30/8/2015). KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOMike Mohede tampil bersama Yovie Widianto pada hari kedua Indonesian Jazz Festival (IJF) 2015 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (30/8/2015).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tahun akan segera berganti. Tahun ini ada jejak duka dari  kepergian untuk selamanya sejumlah pesohor hiburan Tanah Air.

Dalam kurun waktu Januari hingga September 2016, tercatat sejumlah artis musik, artis komedi, dan artis peran tutup usia.

Kompas.com merangkum jejak duka yang ditinggalkan oleh para pekerja seni Indonesia itu  mengenang mereka.

Budi Anduk
Artis komedi Budi Anduk mengembuskan napas terakhir pada Senin (11/1/2016) pukul 14.15 WIB dalam usia 47 tahun.

Sebelum meninggal dunia, bintang acara komedi televisi Tawa Sutra ini didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium empat dan sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Cirebon, Jawa Barat.

Ia sempat diperbolehkan pulang, tetapi tak lama kemudian Budi dilarikan ke sebuah rumah sakit di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, lalu ke Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais, Jakarta Barat. Di yang disebut terakhir itu ia tutup usia.

Ireng Maulana
Dua bulan kemudian, Indonesia kehilangan salah seorang pemusik jazz kawakannya. Ireng Maulana meninggal dunia usai tampil di fX Sudirman, Jakarta Pusat.

Ireng mengembuskan napas terakhirnya dalam usia 71 tahun di RS Harapan Kita, Jakarta Barat, pada Minggu (6/3/2016) pukul 00.15 WIB. Gitaris senior ini diketahui memiliki riwayat penyakit jantung.

Penggagas Jakarta International Jazz Festival (JakJazz) ini dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jakarta Selatan, pada Senin (7/3/2016).

Deddy Dores
Deddy Dores, pencipta lagu dan penyanyi senior, terkena serangan jantung dan tutup usia pada Selasa (17/5/2016) di RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan, dalam usia 65 tahun.

Deddy, yang mengorbitkan mendiang penyanyi terkenal Nike Ardilla, diketahui mengidap penyakit jantung sejak 1980-an.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X