Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Penghargaan, Meryl Streep Pidato Anti-Trump di Golden Globe

Kompas.com - 09/01/2017, 12:50 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Tepuk tangan membahana ketika aktris kawakan Meryl Streep naik ke panggung untuk menerima Cecil B DeMille Award pada Golden Globe Awards 2017 di Beverly Hills, California, Minggu (8/1/2017) malam.

Dia menggunakan panggung Golden Globe untuk mengecam presiden terpilih AS Donald Trump, bahkan tanpa menyebut namanya.

Saat memberi sambutan, Streep berbicara tentang tindakan Trump yang menirukan cacat tubuh reporter New York Times, Serge Kovaleski, saat berkampanye pada 2015.

"Saya sedih sekali ketika melihatnya. Sampai sekarang pun saya belum bisa memahaminya karena yang itu tidak terjadi dalam sebuah film. Itu terjadi dalam dunia nyata," kata aktris yang sudah 30 kali mendapat nominasi Golden Globe itu.

Menurut Streep, insting untuk mempermalukan orang, jika dilakukan seseorang yang memiliki jabatan publik, bisa dijadikan contoh bagi orang untuk melakukan hal yang sama.

"Sikap tidak hormat mengundang sikap yang tidak hormat juga. Kekerasan mengundang kekerasan. Ketika orang menggunakan kekuasaan untuk menekan orang lain, maka kalahlah kita semua," ujar Streep yang tahun ini juga mendapat nominasi Golden Globe untuk aktris terbaik.

Ia kemudian mengajak media untuk mengambil sikap yang tegas terhadap Trump, yang akan dilantik menjadi Presiden AS pada 20 Januari mendatang.

"Kita memerlukan pers yang bisa mengawasi kekuasaan," lanjut Streep.

Trofi Cecil B DeMille merupakan penghargaan atas sumbangsih seorang artis peran versi Golden Globe.

Untuk Streep, penghargaan itu diserahkan oleh aktris Viola Davis, lawan mainnya dalam film Doubt.

"Anda membuat saya bangga menjadi seorang seniman. Anda membuat saya merasa bahwa yang saya miliki, tubuh, wajah, dan usia saya, cukup," kata Davis.

Para insan film lain yang pernah menerima Cecil B DeMille Award antara lain Denzel Washington, George Clooney, Woody Allen, Jodie Foster, Morgan Freeman, Robert De Niro, dan sutradara Martin Scorsese, Steven Spielberg, dan Warren Beatty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+