Strategi Tompi Saat Kehabisan Ide Menulis Lirik Lagu

Kompas.com - 14/02/2017, 15:53 WIB
Vokalis Tompi usai tampil dalam gelaran Mocosik Festival 2017 di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Senin (13/2/2017) malam. KONTRIBUTOR KOMPAS.com/YULIANUS FEBRIARKOVokalis Tompi usai tampil dalam gelaran Mocosik Festival 2017 di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Senin (13/2/2017) malam.
|
EditorIrfan Maullana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis jazz Tompi mengungkapkan strateginya ketika mengalami kebuntuan ide dalam menulis lirik-lirik lagu. Apa itu?

"Saya biasanya kalau kehabisan ide buat nulis lirik, saya biasanya baca-baca buku puisi," kata Tompi dalam wawancara usai tampil dalam gelaran Mocosik Festival 2017 di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Senin (13/2/2017) malam.

Baginya, buku-buku puisi bisa menjadi inspirasi untuk mencari angle atau sudut pandang baru ketika menulis lirik lagu.

"Bukan untuk meniru cara berceritanya, tetapi untuk cari angle aja. Misal saya banyak nulis soal tema cinta. Cuma, angle-nya kan pasti beda. Kalau enggak beda misalnya ngomongin orang selingkuh ya caranya sama. Makanya, saya baca buku-buku itu buat nyari angle-nya," ujarnya.

Selain itu, ia mengaku juga banyak mencari inspirasi menulis lirik lagu dari membaca buku-buku lain ataupun menonton film.

"Saya sebenernya kalau baca juga random gitu. Kadang cuma browsing gitu, apa aja. Kadang-kadang juga nonton film atau apapunlah yang ada visual dan bacaannya," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.