Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Iran "The Salesman" Rebut Piala Oscar

Kompas.com - 27/02/2017, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Film The Salesman dinobatkan sebagai film berbahasa asing terbaik pada Academy Awards ke-89 yang diselenggarakan di Dolby Theater, Hollywood, California, Minggu (26/2/2017).

Film The Salesman merupakan karya Asghar Farhadi, yang pernah memenangi Piala Oscar dengan filmnya A Separation.

Farhadi tidak bisa menerima penghargaan itu dengan menghormati bangsanya yang masuk dalam daftar larangan masuk Amerika Serikat di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

[Baca: Ada Kebijakan Anti-imigran, Sutradara Iran Pastikan Tak Hadiri Oscar]

Film Iran ini bercerita tentang Emad dan Rana yang terpaksa pindah ke apartemen baru. Namun kehidupan di rumah baru itu menimbulkan masalah karena di situ terjadi kekerasan.

Mereka sepakat tidak melaporkannya ke pihak berwajib, tetapi sikap Rana menjadi berubah. Akhirnya Emad menyelidiki sendiri kasus itu dan merasa ingin membalas dendam.

Dalam kategori ini lima film bersaing untuk mendapatkan Piala Oscar. Film-film itu adalah Land of Mine (Denmark), A Man Called Ove (Swedia), The Salesman (Iran), Tanna (Australia), dan Toni Erdmann (Jerman).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com