Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teman-teman Mulan Jameela Pernah Tolak "Cilok Muncrat"

Kompas.com - 20/03/2017, 15:47 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Mulan Jameela (37) mengungkapkan bahwa, sebelum ia memutuskan berjualan camilan Cilok Muncrat ke kalangan temannya, mereka menolak menerima cilok gratis terus menerus darinya.

Padahal, Mulan mengaku, ia mau saja memberi dengan cuma-cuma.

"Teman-teman aku banyak yang beli, beneran beli, karena teman-teman aku rata-rata pada enggak mau dikasih, karena kan keseringan banget dikasih sama aku. Katanya, beli aja. Ya udah," cerita Mulan dalam wawancara di kediamannya di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Sabtu (18/3/2017) malam.

Berkat dorongan kawan-kawannya itu, istri artis musik Ahmad Dhani ini mulai berani memasang harga untuk cilok yang diproduksinya untuk kalangan temannya. Untuk 400 gram, harganya Rp 69.000.

Selain cilok, ia juga menjual cireng, ceker, dan lidah sapi untuk kawan-kawannya. Ternyata, tanpa disangka, jajanan Mulan itu diminati oleh banyak temannya.

"Sempat kepikiran, seru juga ternyata ya. Itu kan awalnya hobi, aku hobi masak. Kenapa enggak? Ya, mungkin aja nanti-nanti bisa jadi usaha kuliner. Ya, mudah-mudahan," katanya.

Namun, meski tertarik, ibu empat anak ini merasa belum mampu berbisnis kuliner untuk umum. Sebab, jika ingin membuatnya menjadi bisnis berskala besar, ia harus menyiapkannya dengan matang dan meluangkan banyak waktu.

"Ya, kalau melihat animo dari masyarakat, ya sebenarnya tertantang juga sih, karena memang khususnya kalau orang Jawa Barat makanan cilok dengan resep yang aku bikin jarang ada," ujarnya.

"Cuma, aku terus terang, kalau untuk jualan ke umum aku belum siap, karena memang kalau itu kan harus niat, ada pegawainya, ya harus pikirkan juga packaging-nya, enggak sembarangan lah. Diniatin lah, paling enggak dibenerin dulu sistemnya kayak gimana," imbuhnya.

Ia mengaku pula tak memiliki resep khusus dalam membuat cilok.. Ia hanya mengingat-ingat rasa cilok yang dulu ia suka beli ketika masih menetap di Bandung.

"Kan enggak tahu tuh resepnya kayak apa. Cuma dipikir-pikir apa ya. Oh ini, ternyata benar sama rasanya. Ngarang-ngarang sendiri, ha ha ha. Cilok aku ngarang sendiri, lidah juga, cireng juga," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Mulan mengaku menjual cilok dan camilan lainnya awalnya iseng dan hanya untuk kalangan temannya.

Hingga suatu hari, mereka menyarankan Mulan menjual saja cilok itu daripada hanya membagi-bagikannya.

"Pas kemarin, aku tuh bercanda, iseng-iseng doang sebenarnya. Aku share-lah di Path, 'Ayo diorder, diorder.' Ternyata, banyak yang order, teman-teman aku di Path sama WhatsApp," ceritanya.

Yang membuat kabar tentang Cilok Muncrat kemudian menjadi viral di media sosial adalah karena akun Path Mulan bertautan dengan akun Twitter-nya.

Alhasil, foto cilok jualannya itu bocor ke publik.

"Aku awalnya, 'Lha, kok banyak banget yang WhatsApp ke nomor yang ada di situ (Twitter). Pas aku lihat, ya ampun, ternyata nge-link ke Twitter, dari situ," ceritanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com