Malam Ini, Teater Gandrik Sajikan "Hakim Sarmin" di Yogyakarta

Kompas.com - 29/03/2017, 20:01 WIB
|
EditorAti Kamil

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Teater Gandrik akan mementaskan pertunjukan berjudul Hakim Sarmin di Taman Budaya Yogyakarta, pada Rabu (29/3/2017) mulai pukul 20.00 WIB.

Lakon Hakim Sarmin bercerita tentang para hakim yang menolak masuk pusat rehabilitasi. Mereka lalu dikabarkan mati terbunuh dan mayatnya dibuang ke lubang buaya.

Pertunjukan teater tersebut disutradarai oleh seniman kenamaan Djaduk Ferianto. Naskahnya ditulis oleh Agus Noor.

Sementara itu, seniman terkenal Butet Kartaredjasa, adik Djaduk, menjadi produser sekaligus pelakon utama untuk pertunjukan tersebut.

Ia main dalam pertunjukan itu bersama 13 pemeran lainnya.

Agus mengatakan bahwa ia mendapat inspirasi dari persoalan pelik hukum dan keadilan di Indonesia dalam menulis kisah pertunjukan tersebut.

Terkait dengan cerita itu, Agus meminta para seniman di Teater Gandrik menyajikan gaya akting menyentil.

"Keinginan saya itu, cerita ini dimainkan sama Teater Gandrik, dan akhirnya terwujud. Memang kesulitannya pemain-pemain sudah pada sibuk-sibuk," ujar Agus dalam jumpa pers sebelum pementasan berlangsung di Taman Budaya Yogyakata, Rabu sore.

Menurut Djaduk, istimewa Hakim Sarmin dibawakan oleh Teater Gandrik, karena persiapannya singkat.

"Dulu kami latihan pertunjukan teater bisa enam bulan atau setahun, yang sekarang harus disiasati meski singkat. Intinya, bagaimana memperistiwakan dari teks naskah tersebut," ucapnya.

Pertunjukan itu didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Di samping para pemeran, sutradara, dan penulis naskah pertunjukan tersebut, ada pihak-pihak lain yang mendukung pertunjukan itu, yaitu Purwanto (penata musik), Ong Hari Wahyu (penata artistik), Rully Isfihana dan Jami Atut Tarwiyah (penata kostum), Dwi Novianto (penata cahaya), dan Antonius Gendel (penata suara).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X