Film "Kartini" Ubah Pandangan Christine Hakim

Kompas.com - 05/04/2017, 23:21 WIB
Christine Hakim diwawancara ketika hadir pada acara Creative Economy and Cultural Industries in a Digital World di Hotel Harris Vertu, Harmoni, Jakarta, Rabu (29/3/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAChristine Hakim diwawancara ketika hadir pada acara Creative Economy and Cultural Industries in a Digital World di Hotel Harris Vertu, Harmoni, Jakarta, Rabu (29/3/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Kartini arahan sutradara Hanung Bramantyo berhasil mengubah pandangan seorang Christine Hakim.

Aktris senior Tanah Air itu mengakuinya dalam konferensi pers film tersebut di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).

"Terus terang sebelum saya diberikan kepercayaan terlibat dalam film ini dengan sesudah terlibat, persepsi saya akan perjuangan Kartini jadi berbeda," ujar Christine.

Selama ini ada sebagian orang yang menilai bahwa Kartini gagal menggapai mimpinya sebagai pejuang emansipasi.

Sebab ia akhirnya menerima pinangan pria beristri dan tak bisa bersekolah di Belanda seperti keinginannya.

Maka, lanjut Christine, banyak yang kemudian menyimpulkan Kartini tak cukup mewakili perjuangan perempuan Indonesia.

Namun lewat karakter Ngasirah, ibu kandung Kartini yang ia perankan, Christine merasa menjadi lebih paham tentang sang Raden Ajeng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tapi saya melihat ada dimensi perjuangan yang berbeda dari Kartini. Ia memilih tetap tinggal di tanah kelahirannya, bukan kekalahan tapi itu pilihan. Satu keputusan berat, tapi Kartini tetap ingin maju bersama dengan kaumnya tanpa meninggalkan akar budayanya," ujarnya.

"Saya termasuk salah satu pemain yang beruntung karena diberikan kepercayaan memerankan tokoh yang dialah tokoh di balik layar sosok Kartini. Kartini versi Hanung ini menambah lengkap catatan sejarah kita," tambah Christine.

Film Kartini menghadirkan sederet aktor dan aktris kawakan Tanah Air. Di antaranya, Dian Sastrowadoyo, Christine Hakim, Dedy Soetomo, Acha Septriasa, Ayushita, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Dwi Sasono, Djenar Maesa Ayu, dan lainnya.

Film produksi Legacy Picture dan Screenplay Production ini bakal tayang perdana pada 19 April 2017 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.