Jika Ingin Mencipta Lagu Anak, Kenali 4 Cirinya…

Kompas.com - 26/04/2017, 10:13 WIB
Dian HP diabadikan saat sedang memberikan Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017) Dian HP diabadikan saat sedang memberikan Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017)
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com – Komposer dan penata musik Dian HP mengungkapkan bahwa dalam membuat lagu anak-anak, penciptanya haruslah teliti.

“Misal, kalau lagu untuk anak, dari temanya, liriknya, kita enggak bisa bikin yang terlalu sulit,” ujar Dian saat dijumpai Kompas.com dalam Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya, Palmerah Selatan, Jakata Pusat, Selasa (25/4/2017).

[Baca juga: Dian HP: Tak Sulit Membuat Lagu Anak, tetapi...]

“Apalagi yang TK, kita kan enggak bisa bikin (lagu) yang kita berikan ke anak SD. Walaupun jabang bayi sampai 12 tahun ini kan (dikategorikan) anak-anak, tapi tetapi terbagi. Jadi harus mikirin itu,” sambungnya.

Dian pun mengungkapkan ada empat ciri lagu anak yang wajib diketahui sebelum menciptakan lagu.

1. Melodi berada di wilayah suara anak

“Kita harus bikin lagu anak-anak yang cocok dengan wilayah suara mereka gitu. Mereka kan suaranya terbatas, belum bisa tinggi banget, belum bisa rendah banget,” kata Dian.

“Harus udah tahu mana suara sebagai wilayah kenyamanan mereka (anak-anak) dalam bernyanyi,” imbuhnya.

2. Melodi mudah dinyanyikan dan dihafalkan

Lirik lagu yang diciptakan juga harus mudah dinyanyikan, artinya lagu tersebut memiliki interval nada yang pendek. Lagu juga harus mudah dihafal supaya pesan lagu bisa tersampaikan.

“Kebayang enggak sih kalau kita pakai kata proaktif? Ini anak yang proaktif, ini apa sih? Ngomong ‘r’ aja mungkin masih belum bisa, masih cadel. Yang gampang-gampang saja,” kata Dian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X