Seberapa Banyak Penulis Lagu Anak di Indonesia?

Kompas.com - 26/04/2017, 11:13 WIB
Dian HP diabadikan saat sedang memberikan Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINADian HP diabadikan saat sedang memberikan Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com – Komposer dan penata musik Dian HP mengungkapkan bahwa setiap ada lomba membuat lagu anak, akan ada banyak bermunculan penulis-penulis lagu baru.

“Setiap lomba cipta lagu anak, pasti ada penulis lagu anak yang. Selalu ada. Cuma setelah itu… hilang, enggak tahu ke mana,” kata Dian ketika ditemui Kompas.com dalam Workshop Cipta Lagu Anak 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017).

“Penulis lagu anak di Indonesia sebenarnya juga enggak terlalu banyak atau tidak terlalu menonjol. Banyak (penulis), tapi enggak terlalu tahu (jumlahnya),” imbuhnya.

[Baca juga: Dian HP: Tak Sulit Membuat Lagu Anak, tetapi...]

Kendati demikian, Dian mengaku senang lantaran sering menemukan anak-anak yang menyanyikan lagu ciptaan gurunya di sekolah.

“Aku datang ke sekolah-sekolah beberapa kali. Aku menemukan sekolah-skeolah yang anaknya menyanyikan lagu ciptaan gurunya,” ujar pemilik nama lengkap Dian Hadipranowo ini.

“Jadi, karena gurunya enggak dapat lagu yang sesuai dengan karakter atau pengajaran mereka di situ, mereka ngarang sendiri,” tambahnya.

[Baca juga: Jika Ingin Mencipta Lagu Anak, Kenali 4 Cirinya?]

Sebagai contoh, Dian pernah mengunjungi sebuah sekolah di Jakarta di mana para gurunya memberikan pelajaran lewat lagu yang mereka ciptakan sendiri.

“Misalnya, pas Hari Kartini, mereka captain lagu tentang Kartini. Ataupun pas 17 Agustusan, mereka mengajarkan lewat mengambar bendera. Apa itu bendera? Dinyanyikan itu. Keren, deh,” terang  Dian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X