Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara “The Silence of the Lambs” Meninggal Dunia karena Kanker

Kompas.com - 27/04/2017, 10:53 WIB
Sintia Astarina

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com – Sutradara film The Silence of the Lambs, Jonathan Demme (73), meninggal dunia akibat kanker kerongkongan yang dideritanya di New York, Rabu (26/4/2017) pagi waktu setempat.

“Jonathan meninggal dunia pagi ini di apartemennya di Manhatan. Ia ditemani oleh istrinya, Joanne Howard, dan ketiga anaknya,” kata publicist Annalee Paulo seperti dikutip Reuters.

“Ia meninggal karena komplikasi kanker kerongkongan,” sambungnya.

Paulo mengatakan bahwa pemakaman Demme akan bersifat tertutup. Pihak keluarga juga meminta agar karangan bunga untuk Demme diganti dengan donasi untuk kelompok Americans For Immigrant Justice di Miami.

Untuk diketahui, Demme pernah memenangkan Piala Oscar pada tahun 1991 untuk film The Silence of the Lambs sebagai film terbaik.

Selain itu, film ini juga memenangkan Best Writing Adapted Screenplay, Best Actress untuk Jodie Foster, dan Best Actor untuk Anthony Hopkins.

Film terakhir yang dibuat olehnya ialah Ricky and the Flash yang mengusung genre komedi. Ia menggandeng artis peran Meryl Streep sebagai seorang rocker lanjut usia.

Karya-karya populer lainnya ada Rachel Getting Married (2008), The Manchurian Candidate (2004), Married to the Mob (1998), dan Beloved (1998).

Sebagai informasi, karya-karya Demme memang sungguh beragam. Termasuk Philadelphia di tahun 1993 yang mana ini merupakan film mainstream Hollywood pertama yang membahas AIDS. Film ini menyabet piala Oscar untuk Tom Hanks sebagai aktor terbaik.

Ia juga pernah menyutradarai dokumenter konser dan musik untuk Bruce Springsteen, Kenny Chesney and Neil Young, the Talking Heads, hingga Justin Timberlake + the Tennessee Kids.

Ucapan belasungkawa pun berdatangan begitu mendengar meninggalnya Demme.

Salah satu personel Springsteen's E Street Band, yakni Stevie Van Zandy pun turut berduka akan kepergian Demme.

“Jonathan Demme. Salah satu sutradara terbaik, salah satu jiwa terindah di planet ini. Satu lagi teman ajaib yang tak tergantikan pergi,” katanya di Twitter.

Sementara itu, sutradara Ron Howard menyebut Demme sebagai seniman hebat, humanitarian, aktivis, dan rekan yang menggembirakan.

Sutradara Moonlight, Berry Jenkins, mengingat kembali bagaimana dukungan dan kehangatan yang diberikan Demme untuknya ketika film Moonlight arahannya itu mengikuti festival-festival untuk pertama kali.

“Demme adalah orang yang paling baik, paling murah hati, ia berjiwa besar,” tulis Jenkins di Twiter-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com