"Surau dan Silek" Angkat Budaya Minangkabau yang Mulai Terkikis

Kompas.com - 27/04/2017, 18:44 WIB
Pembawa acara Gilang Dirga yang gemar menirukan beragam suara tokoh ternama diabadikan di Senayan City, Senayan, Jakarta, Kamis (7/1/2016). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNGPembawa acara Gilang Dirga yang gemar menirukan beragam suara tokoh ternama diabadikan di Senayan City, Senayan, Jakarta, Kamis (7/1/2016).
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Gilang Dirga ikut membintangi film Surau dan Silek produksi Mahakarya Pictures yang akan tayang mulai 27 April mendatang. Cerita dalam film ini mengangkat budaya Minangkabau.

Gilang menjelaskan bahwa meski judulnya berkaitan dengan silat, nyatanya film yang disutradarai Arief Malinmudo itu justru kaya akan unsur drama keluarga. Menurut Gilang, belajar bela diri jika tak diimbangi dengan iman akan rapuh menjalani hidup.

"Ini bukan film aksi di dalamnya mereka menemukan jati diri. Cerita ini mengingatkan bahwa silat ini kalau enggak dibarengin iman bikin mereka akan semakin galau," ujar Gilang dalam siaran pers, Selasa (25/4/2017).

Film Surau & Silek mencoba untuk mengingatkan tentang budaya yang telah lama ditinggalkan. Jalan ceritanya diambil dari sudut pandang anak 11 tahun yang hidup di zaman sekarang serta seorang pensiunan dosen berumur 62 tahun. Selisih usia inilah yang membuat kontradiksi budaya tersebut semakin menarik.

Arief Malinmudo yang asli kelahiran tanah Minangkabau ingin mengembalikan budaya nenek moyangnya kepada generasi penerus. Seluruh pemain yang dilibatkan juga keturunan asli Minangkabau.

Begitu juga lima anak yang menjadi tokoh sentral dalam film Surau dan Silek. Mereka berhasil lolos seleksi peran dari sekolah ke sekolah.

"Berangkat dari upaya saya pribadi untuk membaca kembali kearifan lokal. Gimana Islam masuk ke Minang dengan rahmatan lil alamin tanpa menghilangkan kebudayaan yang ada seperti surau. Dulu surau ini sebelum masuk merupakan tempat ibadah hindu. Setelah islam masuk surau ditingkatkan jadi tempat belajar agama dan interaksi sosial," demikian Arief.

Selain Gilang Dirga, film Surau dan Silek juga dibintangi olrh Dewi Irawan, Komo Ricky, Praz Teguh, Yusril Katil, Dato' A Tamimi, Bintang Khairafi, Muhammad Razi, Bima Jousant, Randu Arini dan F Bary Cheln.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X