Mengapa 4 Mei Disebut "Star Wars Day"?

Kompas.com - 05/05/2017, 15:58 WIB
|
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com - "May the 4th be with you", demikian salam hangat itu diucapkan para penggemar film Star Wars setiap tahun untuk memperingati hari spesial Star Wars Day.

Salah satu catatan bersejarah "May the 4th" kali pertama digunakan dalam kultur pop yakni pada 1979. Hal ini langsung dijelaskan oleh penulis Alan Arnold saat menggarap film The Empire Strikes Back karya Lucasfilm.

"Margaret Thatcher yang memenangi pemilihan umum dan menjadi perdana menteri pertama wanita di Inggris. Untuk merayakan kemenangan itu, partai yang mengusungnya memasang iklan hingga setengah halaman di London Evening News. Pesan kemenangan itu berbunyi 'May the Fourth Be With You, Maggie. Congratulations', ini membuktikan bahwa Star Wars telah memengaruhi kita semua."

Jauh setelah cerita kemenangan Margaret, di zaman modern ini, internet menjadi perekat para penggemar Star Wars di seluruh dunia untuk saling terkoneksi satu sama lain.

[Baca juga: Foto: Para Penggemar Rayakan "Star Wars Day"]

Salam May the 4th pun menjadi bagian tradisi yang dirayakan setiap tahun oleh penggemar baik yang online maupun offline, mereka sama-sama memproklamirkan Star Wars Day.

Meski akhirnya mendunia, ide May the 4th sebenarnya sama sekali tak pernah datang dari Lucasfilm, perusahaan pembuat film Star Wars yang kini digemari lintas generasi bahkan memiliki hari spesialnya sendiri.

Di hari yang spesial ini, StarWars.com sebagai kanal media sosial resmi Star Wars pun menyematkan tagar #StarWarsDay untuk membantu menyebarkan pesan dan kegiatan para penggemar di dunia.

Di Indonesia sendiri, penggemar Star Wars tidak bisa dibilang sedikit. Mereka tersebar di berbagai komunitas online dan offline. Salah satu yang tersohor di media sosial Facebook adalah Order 66 Indonesia. Grup ini memiliki 6.286 anggota hingga 5 Mei 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.