"The Circle": Ketika Dunia Semakin Terbuka

Kompas.com - 07/05/2017, 15:00 WIB
Aktris Inggris Emma Watson menghadiri peluncuran film Beauty and the Beast di London, Inggris, pada 23 Februari 2017.
AFP PHOTO/BEN STANSALLAktris Inggris Emma Watson menghadiri peluncuran film Beauty and the Beast di London, Inggris, pada 23 Februari 2017.
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dunia yang saling terhubung dan tanpa rahasia. Bukan tidak mungkin begitulah gambaran masa depan kehidupan manusia mengingat cikal bakalnya sudah terlihat sejak kini.

Kehidupan seorang manusia akan terekspos luar biasa dari detik ke detik. Dengan begitu, tidak ada lagi rahasia.

Jejak seseorang pun dengan mudah ditemukan dengan dukungan sistem yang memungkinkan manusia saling terhubung dengan sangat mudahnya.

E-mail terenkripsi sekalipun, bukan hal sulit untuk membuka dan menyebarkannya kepada khalayak luas.

Itu yang terjadi pada Mae Holland (Emma Watson) yang setuju dengan penawaran dari bosnya untuk menjadi sukarelawan produk-produk inovasi The Circle, perusahaan terkemuka di bidang teknologi informasi tempatnya bekerja.

Sebuah kamera berbentuk lingkaran yang tidak lebih besar dari uang koin terpasang di dadanya. Dengan kamera itu, ia berbagi atau memamerkan setiap detik kehidupan yang dialaminya.

Ia hanya punya waktu privasi tiga menit saat berada dalam toilet. Hasil bidikan kamera terhubung dengan aplikasi TrueYou yang juga dikembangkan The Circle.

Tentu saja setelah itu Mae menjadi salah satu profil paling terkenal di dunia. Kariernya juga melesat.

Baca juga: Takut Dilacak, Emma Watson Tolak Foto Bersama Penggemar

Padahal, dulunya, ia gadis biasa yang bekerja sebagai staf layanan pelanggan yang bertugas menerima keluhan konsumen melalui telepon.

Rutinitasnya terlihat membosankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X