"Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak" Lolos Tayang di Cannes 2017 - Kompas.com

"Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak" Lolos Tayang di Cannes 2017

Kompas.com - 12/05/2017, 18:31 WIB
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Konferensi pers film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak terpilih untuk tayang dalam Festival Film Cannes 2017, tepatnya di Quinzane des realisateurs (Directors' Fortnight), pada 24 Mei mendatang.

Film arahan sutradara Mouly Surya ini menjadi satu-satunya film panjang dari Asia Tenggara yang terseleksi di festival tahunan tersebut.

"Iya (satu-satunya) dari Indonesia, dari South East Asia. Di Cannes, dari Asia Tenggara, film panjangnya cuma Marlina," kata Mouly dalam konferensi pers film Marlina di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017) sore.

Sang produser, Fauzan Zidni, menjelaskan bahwa awalnya mereka mendaftarkan film itu ke Cannes 2017. Hingga akhirnya, Marlina bersama 17 film lainnya dari seluruh dunia berhasil lolos kurasi untuk program Director's Forthnight.

"Mereka mencari sinema klasik ya. Samalah seperti festival lain, pasti adalah statement yang ingin disampaikan oleh tim seleksinya. Mungkin mereka melihat value-value itu dalam film kami," ujar Faudzan.

Ia juga menegaskan bahwa program tersebut bukanlah kompetisi, melainkan hanya fasilitas yang disediakan untuk memutar film-film terpilih. Sebagai informasi, Directors' Fortnight bertujuan untuk mendorong talenta sineas baru ke hadapan penonton dunia.

Sejumlah sutradara kawakan lahir dari situ, sebut saja George Lucas, Martin Scorsese, Spike Lee, dan Sofia Coppola.

"Film dalam Director's Fortnight itu tidak dilombakan. Ada official selection, dari situ ada Un Certain Regard (program di Cannes). Di saat yang bersamaan juga ada festival Director's Fortnight, itu yang dibikin oleh asosiasi sutradara film Prancis," katanya.

"Ada juga La Semaine de la Critique, itu filmnya Wregas Bhanuteja tahun kemarin masuk situ (Prenjak). Kalau itu yang dipilih oleh asosiasi kritikus (dari Prancis). Ketiga festival itu diselenggarakan bersamaan. Tapi kalau masuk di antara ketiganya bisa kita bilang kalau kami masuk ke Cannes," tambah Faudzan.

Ia menambahkan keberangkatan mereka ke salah satu festival film bergengsi dunia itu sudah mendapat dukungan dari pemerintah.

"Travel grand itu biaya perjalanan kami sebagian dibiayai oleh Bekraf. Di budget pemerintah itu ada budget travel grand yang bisa diakses kalau kami masuk ke beberapa festival dan kami dapat dari Bekraf," ucapnya.

Film ini berkisah tentang seorang janda asal Sumba bernama Marlina ( Marsha Timothy) yang memenggal kepala pimpinan perampok yang menyatroni rumahnya. Ia lalu membawa kepala tersebut dalam sebuah perjalanan panjang ke kantor polisi.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak bakal tayang di bioskop pada Oktober 2017.


EditorIrfan Maullana

Close Ads X