Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Penerbitan Indonesia-Malaysia Ditandatangani

Kompas.com - 19/05/2017, 16:41 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pada Jumat (19/5/2017) pukul 15.30 waktu Singapura, kerja sama antara Perbadanan Kota Buku Malaysia dan Ikatan Penerbit Indonesia ditandatangani.

Kerja sama tersebut melingkupi kesetaraan dalam kegiatan pameran buku/konten, kesetaraan dalam pengembangan budaya literasi, pengembangan kompetensi penulis, ilustrator, editor dan manajemen penerbitan; transaksi copyright dan co-publishing.

Dalam sambutannya, Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri Badan Ekonomi Kreatif Bonifasius Wahyu Pudjianto mengungkapkan, penandatanganan kerja sama antara Perbadanan Kota Buku Malaysia dengan Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) ini akan menjadi kerja sama yang berkelanjutan.

Senada dengan Boni, Roosidayati Rozalina selaku Ketua Umum Ikapi menyatakan, ini merupakan peristiwa penting yang akan meningkatkan hubungan baik dalam bidang literasi antara Indonesia dan Malaysia, terutama untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang copy rights dan copy publishing.

Sementara Sayed Munawar Sayed Moh Mustar, CEO Perbadanan Kotabuku Kementrian Pendidikan Malaysia menegaskan, fungsi kami sebagai trade agency, menjadi agregator untuk memperdagangkan khasanah perbukuan Malaysia.

Menurut Said, Indonesia dan malaysia memiliki banyak kesamaan budaya sebagai sesama rumpun Melayu. Sudah sepatutnya kedua negara melakukan kerja sama melalui penerbitan

"Sehabis acara book fair di Frankfurt, Indonesia seperti menelan stereoid yang begitu bersemangat sekali dalam dunia penerbitan. Kami di Malaysia juga ikut tertular oleh semangat tersebut," tutup Said sebelum melakukan penandatanganan MoU

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com